covid-19

Semburan Lapindo Masih Bisa Dihentikan !

Semburan lumpur Lapindo yang telah berlangsung selama 7 tahun diyakini masih dapat dihentikan bila pemerintah serius ingin menyetop keluarnya lumpur.

NUSANTARA

Rabu, 29 Mei 2013 22:00 WIB

Author

Petrus Rizki

Semburan Lapindo Masih Bisa Dihentikan !

lapindo, pengamat, portalkbr

KBR68H, Surabaya - Semburan lumpur Lapindo yang telah berlangsung selama 7 tahun diyakini masih dapat dihentikan bila pemerintah serius ingin menyetop keluarnya lumpur. Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Djaja Laksana mengatakan, meski sudah 7 tahun menyembur, lumpur Lapindo bisa dihentikan menggunakan bendungan Bernoulli. Teori ini bendungan ini sudah dipelajari secara mendalam.

“Bisa, masih bisa. Jadi persoalan cuma mungkin diameter dari bendungan itu agak besar, karena apa, lobang yang asalnya kecil tadi, karena erosi dari aliran lumpur mungkin dia bisa lebih besar, tapi gak masalah, itu bisa kita atasi, gak ada terlambat.”

Djaja Laksana menambahkan, berlanjutnya semburan lumpur  lapindo akan sangat membahayakan lingkungan dan masyarakat  bila tanggul jebol akibat amblesan tanah. Menurut Dia, penghentian harus dilakukan secepatnya. Apalagi selama ini BPLS hanya mengurusi persoalan tanggul, tanpa mengupayakan penghentian lumpur yang terus mengancam kehidupan masyarakat.


Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

UU Cipta Kerja Bermasalah, Formil dan Materiil

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17