Polda Kaltim Usut Kasus Izin Tambang yang Sempat Di-SP3

Polda Kalimantan Timur membuka kembali kasus ijin pertambangan batubara yang menjerat Bupati Penajam Paser Utara Andi Harahap sebagai tersangka.

NUSANTARA

Selasa, 28 Mei 2013 20:22 WIB

Author

Johan Rumengan

Polda Kaltim Usut Kasus Izin Tambang yang Sempat Di-SP3

Polda Kaltim, SP3, Izin Tambang

KBR68H, Balikpapan – Polda Kalimantan Timur membuka kembali kasus ijin pertambangan batubara yang menjerat Bupati Penajam Paser Utara Andi Harahap sebagai tersangka.

Juru bicara Polda Kalimantan Timur Antonius Wisnu Sutirta mengatakan, polisi kini tengah  melakukan gelar perkara internal di Mapolda Kalimantan Timur.

“Tidak cukup bukti, sehingga perkara tersebut dapat dilakukan SP3, guna memberikan kepastian hukum, namun dalam hal ini dibuka kembali proses penyidikkannya, sejak dua minggu lalu (SP3), biar ada kepastian hukum, berkasnya sampai tiga kali dikirim (ke Kejaksaan Tinggi Kaltim) bolak-balik. Pengiriman pertama 23 Mei 2012, dikirim lagi 18 Juli 2012, kemudian pada tanggal 25 oktober 2012 dikirim lagi pengiriman yang ketiga,” ujar Antonius Wisnu Sutirta.

Juru bicara Polda Kalimantan Timur Antonius Wisnu Sutirta menambahkan, sebelumnya polisi sudah mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan atau SP3 terhadap kasus ini. Ini dilakukan lantaran tiga kali berkas Andi Harahap bolak-balik dikembalikan Kejaksaan Tinggi Samarinda.

Kasus yang menjerat Bupati Andi Harahap terkati dugaan pemalsuan dokumen penerbitan ijin usaha pertambangan batubara PT South Pacific Resources. Ijin usaha di lokasi yang sama justru diklaim milik Penajam Prima Coal Indonesia.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 10

Pemerintah Susun Rencana Vaksinasi Covid-19

Warga Syiah Sampang Anut Aswaja, Preseden Buruk Toleransi

Program Siswa Asuh Sebaya Bantu Pelajar Berstatus Ekonomi Kurang Mampu

Kabar Baru Jam 8