Bagikan:

Pilgub Jateng: KPU Solo Siapkan TPS Ramah Difabel

KBR68H, Solo - Komisi Pemilihan Umum atau KPU kota Surakarta menjamin penyediaan fasilitas khusus bagi penyandang difabel dalam melakukan pemungutan suara di TPS saat Pilgub Jawa Tengah, 26 Mei mendatang.

NUSANTARA

Minggu, 19 Mei 2013 13:38 WIB

Pilgub Jateng: KPU Solo Siapkan TPS Ramah Difabel

Solo, Surakarta, Jawa Tengah, Pemilihan gubernur, Difabel

KBR68H, Solo - Komisi Pemilihan Umum atau KPU kota Surakarta menjamin penyediaan fasilitas khusus bagi penyandang difabel dalam melakukan pemungutan suara di TPS saat Pilgub Jawa Tengah, 26 Mei mendatang.

Juru Bicara KPU kota Surakarta, Setyo Budiarto mengatakan KPU kota Surakarta menyiapkan ratusan template surat Suara berhuruf Braille dan merendahkan posisi meja kotak suara supaya para penyandang difabel bisa memasukkan surat suara.

Menurut Setyo, setiap TPS akan tersedia satu template berhuruf Braille.

“Seluruh Pantia Pemilu Gubernur Jawa Tengah sudah kita informasikan. Nanti para pemilih yang memakai kursi roda atau tuna daksa, tidak harus didampingi lagi. Kecuali kalau pemilih tersebut meminta dibantu didampingi saat pencoblosan," kata Setyo Budiarto.

Menurut Setyo, meja dan kotak suaranya untuk pemilihan gubernur dibuat lebih rendah untuk memudahkan warga pemilih difabel bisa menjangkau dan bisa memasukkan surat suaranya. Begitu juga bilik suara akan disesuaikan dengan warga yang menggunakan kursi roda.

KPU juga menyediakan perangkat template atau panduan untuk memilih dengan huruf Braille.

"Nanti surat suaranya diselipkan diantara template huruf Braille tersebut. Kita sediakan lubang di masing-masing gambar calon untuk dicoblos. Template ini berhuruf Braille, kalau dibaca itu tulisannya 'Surat Suara Pemilu Gubernur Jawa Tengah tahun 2013'. Itu bisa diraba dan khusus untuk tuna netra," kata Setyo Budiarto.

KPU menyediakan satu template huruf Braille di setiap lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan total di 981 lokasi TPS. 

Lebih lanjut Setyo mengungkapkan fasilitas Pemungutan suara dalam Pilgub Jawa tengah tetap akan ramah pada penyandang difabel. Saat ini KPU kota Surakarta belum memiliki data jumlah pemilih dari kalangan penyandang Difabel.

Jumlah warga Kota Surakarta yang memiliki hak pilih dalam Pilgub Jawa Tengah mencapai 400 ribu orang.


Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ragam Syarat Beli Minyak Goreng Curah, Efektifkah?