Petani Tembakau di Jawa Tunda Masa Tanam

KBR68H, Jakarta-Petani tembakau di Jawa Tengah dan Jawa Timur khususnya di Kabupaten Bojonegoro terganggu curah hujan tinggi.

NUSANTARA

Rabu, 29 Mei 2013 07:42 WIB

Author

Abu Pane

Petani Tembakau di Jawa Tunda Masa Tanam

petani tembakau, jawa, curah hujan, tunda masa tanam

KBR68H, Jakarta  -Petani tembakau di Jawa Tengah dan Jawa Timur khususnya di Kabupaten Bojonegoro terganggu curah hujan tinggi. Untuk menghindari kerugian mereka terpaksa menunda masa tanam. Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia Nurtantio Wisnubroto mengatakan tembakau sudah mengalami kerusakan. Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, petani terpaksa melakukan proses penyulaman.

“Tapi kalau yang di wilayah Jawa Tengah, ia memang hujan masih turun dengan intensitas lebih dari rata-rata. Kan seharusnya bulan Mei kan sudah terang. Tapi kalau kita melihat dari petani-petani yang menanam tembakau, ada kerusakan tapi masih batas yang wajar. Kalau mau bilang kerugian itu pada bulan Agustus, mereka masa panen, dihitung dengan coz biaya produksi, berapa tonase yang mereka dapatkan, kan dihitung di situ,” ujar Wisnubroto saat dihubungi KBR68H di Jakarta, Selasa (28/5).

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia menambahkan Jawa Tengah adalah salah satu wilayah dengan produksi tembakau paling tinggi di Indonesia, yakni berkisar 60.000 ton per tahun. Dengan gangguan cuaca tahun ini, petani khawatir produksi mereka akan merosot.

Berdasarkan data BMKG, pada bulan Mei, curah hujan masih sangat tinggi di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jika dipaksakan bertanam, maka berpotensi merugikan petani tembakau.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kiat Menjalani Isolasi Mandiri bagi Remaja Terinfeksi COVID-19

Bantu Sesama di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 8

Demi Oksigen Somasi Dilayangkan