NUSANTARA

Pemerintah Aceh Ingin Pelabuhan Peti Kemas Segera Terwujud

"Gubernur Aceh Zaini Abdullah berharap perjanjian kerjasama dengan pihak PT Pelindo dan PT Alkan Abadi terkait dengan pelabuhan peti kemas segera direalisasikan."

Pemerintah Aceh Ingin Pelabuhan Peti Kemas Segera Terwujud
pelindo, pelabuhan peti kemas, aceh

KBR68H, Aceh- Gubernur Aceh Zaini Abdullah berharap perjanjian kerjasama dengan pihak PT Pelindo dan PT Alkan Abadi terkait dengan pelabuhan peti kemas segera direalisasikan.

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara pemerintah Aceh dengan PT pelabuhan Indonesia I dan PT Alkan Abadi sudah berlangsung  sejak 11 Maret 2013 silam.

Zaini Abdullah mengatakan Pemerintah Aceh terus mengupayakan agar tiga pelabuhan di Aceh bisa segera dijadikan pelabuhan peti kemas, masing-masing pelabuhan Malahayati, pelabuhan Krueng Geukuh dan pelabuhan Kuala Langsa.

Menurut Zaini,saat ini sedang dilakukan pemindahan Crane dari Kalimantan ke Aceh, selain itu Menteri Perhubungan juga sudah menghibahkan dua Crane lagi ke Aceh.

“Ini mimpi kita dan kita berharap bisa segera menjadi kenyataan dan ini sudah kita rintis sejak awal kita dilantik, dan kita sudah jalin pembicaraan dengan Menteri Perhubungan, namun ini tidak semudah membalikkan telapan tangan,”lanjutnya.

Zaini menambahkan pemerintah Aceh juga akan melibatkan pihak swasta agar pelabuhan peti kemas bisa segera beroperasi. Pihaknya akan melakukan promosi bagi pengusaha-pengusaha Aceh yang lebih banyak menetap di Medan, Sumatera Utara.

Zaini berharap pengusaha Aceh untuk memindahkan kantornya ke Aceh, karena kondisi keamanan Aceh sudah cukup kondusif. Terutama pengusaha perkebunan yang sebenarnya bisa melakukan ekspor melalui pelabuhan Aceh.

Sebelumnya Direktur PT Pelindo I Persero, Alfred Natsir  mengatakan PT Alkan Abadi selaku salah satu investor pengembangan angkutan laut dengan sistem peti kemas juga telah menyediakan 800 kontainer baru untuk mendukung kegiatan tersebut.

Sumber: Radio Antero FM

Editor: Suryawijayanti 

  • pelindo
  • pelabuhan peti kemas
  • aceh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!