NUSANTARA

Masuk SD di Pontianak, Tak Ada Tes Calistung

"Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak Mulyadi menegaskan, penerimaan murid baru untuk jenjang SD (Sekolah Dasar) tidak diperkenankan menggunakan tes."

Masuk SD di Pontianak, Tak Ada Tes Calistung
SD, tes calistung, pontianak

KBR68H, Pontianak- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak Mulyadi menegaskan, penerimaan murid baru untuk jenjang SD (Sekolah Dasar) tidak diperkenankan menggunakan tes. Menurut  Mulyadi tidak perlu ada kekhawatiran dari guru jika anak kelas satu tidak bisa membaca dan menulis, sehingga tak perlu dipaksakan, yang terpenting adalah usia anak itu masuk sekolah. Ia yakin sekolah negeri di POntianak dipastikan tidak ada tes, kecuali sekolah swasta. Sebagai Kepala Dinas Pendidikan, ia hanya bisa menghimbau dan menegur sekolah agar tidak melakukan tes.

Berdasarkan persyaratan nasional usia anak masuk SD 7 tahun, tapi bila ada anak yang ingin sekolah dengan usia 5 tahun 9 bulan maka bisa diterima, asalkan daya tampung penerimaan siswa baru masih ada. Selain itu yang menjadi pertimbangan sekolah dalam penerimaan siswa baru yakni anak sekolah yang paling dekat dengan rumah.

Mulyadi menambahkan seharusnya anak diajarkan bermain mengenal sekelilingnya, bermain mengenal sosialnya, atau bermain mengenal tubuh dan diri dalam konsep pengetahuan. Mulyadi memahmi pemberlakukan sekolah menggunakan tes penerimaan SD didasarkan pada adanya sejumlah TK yang sudah memfokuskan pada belajar membaca dan menghitung. Hanya saja, substansi yang diajarkan banyak mengarah pada permainan.

Sumber: Radio Volare FM


Editor: Suryawijayanti

  • SD
  • tes calistung
  • pontianak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!