NUSANTARA

Longsor, Puluhan Pekerja Freeport Terjebak di Terowongan

"Puluhan pekerja tambang PT Freeport Indonesia terjebak di dalam Underground atau terowongan bawah tanah akibat adanya longsor di Terowongan Big Gossan,Tembagapura, Timika, Papua."

Longsor, Puluhan Pekerja Freeport Terjebak di Terowongan
Longsor, Freeport, Terowongan, timika

KBR68H, Timika – Puluhan pekerja tambang PT Freeport Indonesia terjebak di dalam Underground atau terowongan bawah tanah akibat adanya longsor di Terowongan Big Gossan,Tembagapura, Timika, Papua.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 08.00 Waktu Indonesia Timur, ketika puluhan pekerja tambang tengah menjalani palatihan keselamatan kerja di dalam terowongan.

Kepala Kepolisian Mimika Jermias Rontini mengatakan, dari informasi yang diterima Kepolisian Mimika, pekerja tambang ini berjumlah 20-an orang. Namun dari data yang diperoleh dari sejumlah pekerja di lokasi kejadian, jumlahnya sekitar 35 orang.

“Kami belum tau pasti berapa jumlah pekerja yang terjebak semuanya, namun dari informasi yang kami dapatkan itu sekitar 20-an orang. Kalaupun ada yang mengatakan jumlah sekitar 35 orang kami akan melakukan pengecekan kembali,” ujar Kapolres.

Kata Jermias, saat ini Tim dari Emergensi Respons Grup (SAR PT FI) sedang malakukan evakuasi terhadap korban yang masih terjebak di dalam terowongan tersebut. “Kami juga belum dapat memastikan adanya korban atau tidak dari peristiwa ini,”jelasnya.

Lanjut Kapolres, sejumlah personil Kepolisian juga telah dikerahkan untuk melakukan pengamanan teradap proses evakuasi.

Sementara itu, Wakil Bupati Mimika Abdul Muis mengaku prihatin terhadap longsor yang menimpa puluhan pekerja tambang PT Freeport Indonesia.

Kata Muis, pihak manajemen harus segera melakukan evakuasi terhadap para korban ini.“Sejauh ini manajemen PT Freeport Indonesia belum menyampaikan peristiwa ini kepada Pemerintah Daerah. Freeport segar mengambil langkah-langkah untuk menyelamatkan korban,” kata Muis. 

Editor: Suryawijayanti


  • Longsor
  • Freeport
  • Terowongan
  • timika

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!