NUSANTARA

2013-05-01T12:46:20.000Z

Kepala Desa di Pati Takut Menjalankan Program Bantuan dari Pemprov

"KBR68H, Pati - Para Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa di Pati mengaku kawatir, untuk melaksanakan program perbantuan dari Pemprov maupun Pemerintah Pusat."

Kepala Desa di Pati Takut Menjalankan Program Bantuan dari Pemprov
kepala desa, takut, jalankan program pemprov, pati

KBR68H, Pati - Para Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa di Pati mengaku kawatir, untuk melaksanakan program perbantuan dari Pemprov maupun Pemerintah Pusat. Mereka takut dalam pelaksanaannya salah, menyusul tumpang tindihnya aturan, dan ujung-ujungnya justru harus mempertanggungjawabkannya dihadapan hukum.
 
Tugas perbantuan yang selama ini menjadi momok para Kades dan Perangkat Desa, diantaranya Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA), dan program rehab rumah dari Kemenpera RI. Beberapa Kades menjadi tumbal, dan terpaksa masuk bui, karena dinilai salah dalam pelaksanaan kedua program tersebut program.

Ketua PASOPATI, Nabiyanto saat beraudensi dengan Pemkab Pati di ruang rapat Kembangjoyo Setkab Pati, Selasa (30/4) mengatakan, yang jelas sejak menerima kedua program itu, kinerja Pemerintahan Desa terganggu. Karena banyak Kades dan Perangkat Desa yang diperiksa keterangannya oleh aparat penegak hukum terkait pelaksanaan program perbantuan itu.

“Ini ada muatan-muatan apa, yang jelas Kades agak terganggu dalam kinerja Pemerintahan Desanya. Karena itu perlu adanya sharing dengan Pemkab Pati, bagaimanapun Bupati itu bapak saya. Sehingga kalau ada permasalahan-permasalahan saya harus mengadu kepada Bupati untuk mencairkan permasalahan-permasalahan yang terjadi dikalangan masyarakat terkait dengan Kades yang saat ini terkena kasus dampak dari program pemerintah,” terangnya.
Wakil Bupati Pati, Budiyono menanggapi kekawatiran para Kadesnya berjanji akan mengkomunikasikan dengan pihak-pihak terkait seperti Kepolisan dan Kejaksaan, maupun Badan Pertanahan Nasional (BPN). Meski selama ini, hal tersebut telah dikoordinasikan secara intens.

Sumber: Radio PAS FM

  • kepala desa
  • takut
  • jalankan program pemprov
  • pati

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!