NUSANTARA

Harga Gabah Aceh Turun

"Selama April lalu, harga gabah pada semua kelompok kualitas gabah di tingkat petani dan penggilingan mengalami penurunan harga, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya."

radio Antero

Harga Gabah Aceh Turun
gabah, petani, aceh, harga

KBR68H, Aceh - Selama April lalu, harga gabah pada semua kelompok kualitas gabah di tingkat petani dan penggilingan mengalami penurunan harga, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Hermanto mengatakan harga Gabah Kering Panen (GKP) di tingkat petani pada April turun sebesar 6,23 persen dan harga Gabah Kering Giling (GKG) turun sebesar 7,26 persen, sedangkan ditingkat penggilingan harga Gabah Kering Panen (GKP) turun 4,93 persen dan Gabah Kering Giling (GKG) turun 7,12 persen.

“Tapi harga di Aceh yang masih di atas 4 ribu masih lumayan tinggi bila dibandingkan dengan harga ketetapan pemerintah,” lanjutnya.

Hermanto menambahkan pemantauan harga gabah di Aceh dilakukan di kabupaten Aceh Tenggara, Pidie, Bireun, Aceh Utara, Nagan Raya dan Pidie Jaya.

Sementara itu terkait dengan Nilai Tukar Petani (NTP) Aceh pada April lalu, BPS Aceh juga mencatat,  NTP  Aceh kembali turun 0,10 persen bila dibandingkan dengan NTP Aceh bulan Maret.

Hermanto mengatakan penurunan NTP Aceh disebabkan oleh turunnya empat subsektor. Masing-masing subsektor tanaman perkebunan rakyat, subsektor tanaman pangan, subsektor perikanan dan subsektor peternakan, hanya subsektor hortikultura yang mengalami peningkatan NTP.

Sumber: radio Antero

  • gabah
  • petani
  • aceh
  • harga

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!