NUSANTARA

Gubernur Lampung: Tak Ada Lagi Istilah Pendatang

Gubernur Lampung: Tak Ada Lagi Istilah Pendatang

KBR68H, Lampung - Gubernur Lampung Sjachroedin ZP menegaskan, saat ini tidak boleh lagi ada istilah warga suku asli dan pendatang di Lampung. Perbedaan asal suku tidak boleh menyekat-nyekat warga.

“Bangsa ini sudah menyatakan persatuan sejak 1928, melalui Sumpah Pemuda. Begitu pula di Lampung. Saat ini tidak ada lagi istilah suku asli dan pendatang. Semuanya adalah orang Lampung yang besar dan hidup di Lampung,” tegas Sjachroedin ZP.

Hal ini juga ditunjukkan pemda dengan mengubah lambang dasar Lampung dari Sang Bumi Ruwa Jurai (satu tanah terdiri dua turunan) menjadi Sai Bumi Ruwa Jurai, yang lebih mengandung arti kesatuan.

Seperti diketahui, Lampung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang penduduknya memiliki keragaman suku berkat program transmigrasi yang dijalankan ratusan tahun.

Sumber: SGP FM

  • pendatang
  • transmigrasi
  • lampung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!