Antisipasi Musim Hujan, Dinas PU Pontianak Keruk Sejumlah Parit

KBR68H, Pontianak

NUSANTARA

Rabu, 01 Mei 2013 09:18 WIB

Author

Radio Volare FM

Antisipasi Musim Hujan, Dinas PU Pontianak Keruk Sejumlah Parit

musim hujan, pontianak, pengerukan parit, drainase

KBR68H, Pontianak – Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak Kalimantan Barat tengah melakukan pengerukan sejumlah parit. Kepala Dinas PU Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, pengerukan parit sebagai upaya normalisasi drainase mengantisipasi datangnya musim penghujan.

Edi menjelaskan kegiatan pengerukan ini sudah dilaksanakan sejak bulan Februari 2013 hingga saat ini. Beberapa parit di Kota Pontianak telah dilakukan pengerukan seperti di HOS Cokroaminoto, Merdeka, dan danau sentarum. 

“Pada dasarnya semua drainase di kota Pontianak akan dinormalisasi untuk mengatasi genangan pada saat musim penghujan.”katanya.

Sedangkan untuk pengerjaan dilakukan dengan dua alat yakni manual dan alat berat. Menurut dia tingkat kedelaman pengerukan yang ideal sekitar 1 sampai 2 meter.

“Yang terpenting adalah kelebaran dan kebersihannya terus di jaga. Bila dilihat dari curah hujan beberapa minggu ini diakuinya memang terjadi genangan, tapi genangan tersebut bisa surut dalam satu hingga dua jam, kecuali air sungai Kapuas tinggi dan hujan terus-menerus bisa maka genangan bisa surut 6 sampai 8 jam.”jelasnya.

Edi menambahkanuntuk normallisasi parit yang ada di lingkungan warga sebaiknya dibersihkan secara gotong royong. Sedangkan anggaran untuk pengerukan parit selama satu tahun ini sebesar Rp 6 miliyar.

Sumber: Radio Volare FM

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17