NUSANTARA

Antisipasi Meluber, BPLS Alirkan Lumpur Lapindo ke Kolam Sementara

Antisipasi Meluber, BPLS Alirkan Lumpur Lapindo ke Kolam Sementara

KBR68H, Jakarta - Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) terpaksa mengalirkan lumpur ke kolam penampungan sementara, sebelum dialirkan ke sungai Porong. Ini menyusul jebolnya sejumlah tanggul penghalang lumpur.

Juru Bicara BPLS, Nanto Prasetyo mengatakan, luapan lumpur dapat mengenai rumah warga dan fasilitas umum jika tidak dialihkan ke kolam penampungan sementara.

"Belakangan ini memang masih ada hujan sehingga otomatis tertampung di tanggul. Kedua, jangan lupa semburan itu masih aktif dan mengeluarkan lumpur beserta air. Titik 41 itu di Besuki. Titik 34 dan 35 itu di kurang lebih di Mindi," kata Juru bicara BPLS Nanto Prasetyo.

Juru bicara BPLS, Nanto Prasetyo mengaku telah melibatkan aparat kepolisian dan TNI untuk mengantisipasi penolakan warga atas pengalihan lumpur ke kolam penampungan sementara. Sebelumnya, PT. Minarak Lapindo menunggak kerugian korban lumpur di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur sebesar Rp789 miliar. Mereka berjanji bakal menyelesaikan pembayaran kerugian tahun ini.

  • lumpur lapindo
  • jawa timur
  • BPLS

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!