Anggaran Kesehatan Narapidana Rp 1000/hari

Direktorat Jendral Lembaga Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham mengakui perihal kurang maksimalnya pelayanan kesehatan bagi nara pidana.

NUSANTARA

Kamis, 16 Mei 2013 23:01 WIB

Author

Ade Irmansyah

Anggaran Kesehatan Narapidana Rp 1000/hari

anggaran kesehatan narapidana, Rp.1000, akbar hadi, ade irmansyah

KBR68H, Jakarta – Direktorat Jendral Lembaga Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham mengakui perihal kurang maksimalnya pelayanan kesehatan bagi nara pidana.

Juru Bicara Dirjen Pas, Akbar Hadi mengatakan, hal itu disebabkan karena keterbatasan anggaran pada alokasi kesehatan narapidana.Menurutnya, biaya kesehatan untuk narapidana hanya Rp.1000/hari. Meskipun demikian, dia membantah terkait anggapan bahwa Kemenkum Ham telah melakukan diskrimansi kepada nara pidana di Papua.

“Kemudian juga diatur didalam PP no 31 thun 1999 tentang perawatan tahanan. Namun demikian, negara memiliki keterbatasan, mungkin bapak ibu perlu ketahui bahwa besaran anggaran kesehatan napi itu seribu perhari yaitu untuk laps rutan. Jadi anggaran saat ini di lapas rutan itu untuk setiap penghuninya seribu perhari dan itu memang anggaran itu untuk pertolongan pertama saja”, kata Akbar kepada KBR68H di Kantor Kontras.

Juru Bicara Dirjen Pas, Akbar Hadi menambahkan, minimnya pelayan kesehatan ini diberikan agar para narapidana jera.

Sebelumnya, LSM HAM Papua NAPAS mencatat sekitar 160 tahanan dan narapidana politik di Papua diperlakukan tidak wajar. Aktivis NAPAS, Penias Lokbere mengatakan, tapol dan napol itu didiskriminasi oleh kepolisian dan petugas lapas tempat mereka ditahan. Kata dia, mereka kerap diabaikan ketika sakit.




Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Mr. Spock dan Homer Simpson: Dinamika Perilaku di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 7

Belenggu Korban Pelecehan Seksual

Kabar Baru Jam 8

Longgar Bikin Lengah?