NUSANTARA

Pemprov Jabar Sediakan Belasan Ribu Tiket Mudik Gratis

""Tujuan utamanya untuk mengurangi kemacetan akibat penggunaan roda dua.""

Arie Nugraha

Mudik gratis Pemprov Jabar
Pemudik kereta Kutojaya Selatan di Stasiun Kiaracondong, Bandung, Jabar, Selasa (11/04/23). (Antara/Raisan Al Farisi)

KBR, Bandung- Sebanyak 12 ribu tiket mudik gratis disediakan oleh Pemerintah Jawa Barat bagi masyarakat yang hendak mudik dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rinciannya sebanyak 6.501 tiket gratis menggunakan bus dan 5.954 tiket gratis menggunakan kereta api.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Achmad Koswara, mudik gratis akan diluncurkan 16 April di Terminal Cicaheum Bandung bagi pemudik dengan bus dan pemudik dengan kereta api dilepas di Stasiun Bandung.

"Tujuan utamanya untuk mengurangi kemacetan akibat penggunaan roda dua. Ini ada kurang lebih 12 ribu tiket yang akan digunakan secara online (daring) disampaikan ke masyarakat. Dan ada mudik gratis dengan menggunakan kereta api komuter dari Purwakarta-Garut. Itu jadwalnya dua hari dan bisa digunakan masyarakat secara langsung," ujar Koswara dicuplik dari akun Youtube Jabarprov TV, Bandung, Jumat, 14 April 2023.

Koswara menerangkan untuk mudik gratis dengan kereta api, disediakan tiket kereta api komuter dengan tujuan Purwakarta-Garut dan Bogor-Sukabumi.

Setiap jam keberangkatan disediakan 100 tiket gratis untuk dua tujuan kereta api tersebut, hingga kuota habis dipesan. Seluruh jadwal keberangkatan mulai 15 - 18 April 2023.

Adapun untuk kereta api lokal, pendaftaran melalui KAI akses dan akan dibuka sesuai ketentuan layanan reguler.

"Peluncuran mudik gratis ini tidak hanya di Cicaheum dan Stasiun Bandung. Juga di titik lain yang disiapkan seperti Bekasi, Cikarang dan Bogor," kata Koswara.

Baca juga:


Koswara menambahkan sebelum keberangkatan mudik gratis, seluruh bus akan melalui pengecekan baik fisik kendaraan dan juga awak kendaraannya. Bus yang digunakan adalah yang memiliki 50 kursi per bus.

Hal serupa dilakukan kepada seluruh sopir bus akan dijamin kesehatan dan kebugarannya sehingga penumpang merasa aman dikemudikan.

Untuk mudik gratis kali ini, otoritasnya tidak memesan bus tetapi memesan tiket sesuai pendaftaran masyarakat. Dengan cara seperti ini maka PO Bus reguler dapat diberdayakan lagi untuk kebutuhan arus mudik.

"Kami memberdayakan angkutan umum, bukan menyewa bus wisata. Agar PO Bus bisa kembali merasakan pendapatan saat arus mudik. Jika nanti tiket tidak habis, akan dikembalikan dananya ke APBD. Tetapi saya kira akan penuh," ucap Koswara.

Untuk masyarakat Jawa Barat yang akan mengikuti program mudik gratis dapat mengakses pendaftaran melaui website Pemprov Jabar untuk pendaftaran mudik dengan bus maupun kereta jarak jauh dan regional antarkota dan kabupaten.

Editor: Rony Sitanggang

  • mudik lebaran 2023
  • mudik gratis Pemprov Jabar
  • Idulfitri 2023

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!