Bagikan:

Mudik Lebaran, PUPR Siagakan Alat Berat Antisipasi Bencana di Jalur Selatan

Kementerian PUPR mewaspadai sejumlah titik rawan longsor di jalur selatan Jawa Tengah, ruas perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah di Cilacap dan Banyumas pada mudik lebaran 2022 ini.

NUSANTARA

Rabu, 27 Apr 2022 10:41 WIB

mudik lebaran

Ilustrasi. Foto udara jalur pantai selatan di Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (22/5/2018). (Foto: ANTARA Jabar/Hafidz Mubarak)

KBR, Cilacap – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) menyiagakan alat berat dan tim siaga lebaran di jalan nasional lintas selatan (JLS) perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah.

Tim dan alat berat disiagakan di wilayah Cilacap dan Banyumas sepanjang masa mudik lebaran 2022 ini.

Koordinator Lapangan PPK Binamarga Wangon-Batas Jabar, Pujiono mengatakan sejumlah alat berat disiagakan di pos mudik lebaran yang mudah menjangkau ke semua titik yakni di Cijalu, Kecamatan Majenang.

Selain alat berat, tim siaga lebaran juga disiapkan untuk mengantisipasi gangguan lalu lintas akibat kerusakan jalan dan infrastruktur lainnya.

“Sejauh ini sudah disiapkan sudah disiapkan pos jalur lebaran, Mas. Alat berat ditaruh di Cijalu Mas. Harapan saya sih tidak ada kejadian yang tidak diharapkan. Ya boleh dikatakan tetap siapa, (mengantisipasi) gangguan lalu lintas, dan sebagainya. Utamanya kan itu. Kondisi aspal, juga alhamdulillah sudah termasuk nol lubang, kan begitu Mas,” kata Pujiono.

Meski begitu, Pujiono menjamin saat ini kondisi JLS sudah siap dilintasi pemudik dan zero lubang. Dengan begitu pemudik bisa melintas dengan aman dan nyaman.

Selama arus mudik 2022, kata Pujiono, pihaknya menyiagakan petugas 24 jam. Utamanya untuk mengantisipasi kerusakan jalan yang dapat memicu hambatan lalu lintas.

Kementerian PUPR juga selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan sejumlah instansi seperti Dinas Perhubungan, BPBD, TNI, Polri dan sejumlah pihak lainnya.

Baca juga:


Waspada longsor

Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mewaspadai sejumlah titik rawan longsor di jalur selatan Jawa Tengah, ruas perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah di Cilacap dan Banyumas pada mudik lebaran 2022 ini.

Koordinator Lapangan PPK Binamarga Wangon-Batas Jabar, Pujiono mengatakan ada dua wilayah paling diwaspadai pada mudik kali ini. Yakni, ruas Lumbir, Kabupaten Banyumas dan ruas Wanareja-Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap.

Di wilayah Lumbir jalan berimpitan langsung dengan jurang dan tebing. Sementara, di Wanareja, sebagian besar jalan diapit tebing sehingga rawan longsor. Risiko longsor meningkat saat hujan deras melanda wilayah ini.

"Yang ada tebing-tebing itu, jelas berbahaya itu Mas. Kalau cuacanya (buruk) ngeri jelas itu, Mas. Makanya, saya saat ini, yang masih berjalan, sampai hari Rabu itu, perapian pemotongan rumput, Mas. Sama perapian saluran, perapian kondisi bahu jalan. Tapi secara kondisi aspal, dari batas Jabar, Karangpucung, Wangon, Insyaallah sudah nyaman,” kata Pujiono.

Meski begitu, Pujiono memastikan secara umum Jalur Selatan Jawa Tengah sudah aman dan nyaman dilintasi pemudik. Kondisi aspal hingga drainase sudah optimal. Petugas saat ini hanya melakukan perawatan berkala, seperti pada bahu jalan dan kondisi marka.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Buntu Penolakan Pemekaran Wilayah Papua