Bagikan:

Idulfitri 2022, KAI Perpanjang Waktu Pembelian Tiket Lebaran

"Dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran,"

NUSANTARA

Jumat, 01 Apr 2022 11:39 WIB

Author

Frans Mokalu

Presiden Jokowi Izinkan mudik lebaran 2022

Penumpang di stasiun Cirebon, Jabar, Kamis (31/03/2022). (Humas KAI)

KBR, Cirebon-  PT Kereta Api Indonesia memperpanjang masa pembelian tiket Kereta Api (KA) khusus lebaran. Sebelumnya, calon penumpang dapat memesan tiket pada H-30 kini menjadi H-45. 

Tiket KA Lebaran  sudah bisa dipesan mulai Jumat, 1 April 2022 melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh tempat resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Juru bicara PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto mengatakan, masyarakat bisa memesan tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan, sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan pada tanggal 1 April sampai 16 Mei 2022 dan seterusnya.

"Perubahan masa pemesanan khusus di periode tersebut, dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran," katanya, Jumat (1/04/2022).

Suprapto mengingatkan  calon penumpang agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan.

"Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun. Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik Lebaran," imbuhnya.

Baca juga:


Ia menjelaskan, KAI secara nasional menetapkan masa Angkutan Lebaran pada H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022. Pada periode tersebut, KAI secara nasional telah memprogramkan perjalanan KA rata-rata 401 KA per hari.

Kata dia, total   kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 216.608 tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal per hari. 

"Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100% dan untuk KA Lokal yaitu 70%," terangnya.

Juru bicara PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto menambahkan, hingga 31 Maret 2022, secara nasional, KAI telah menjual sebanyak 155.672 tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan periode 22 sampai 30 April atau 15% dari total tiket yang disediakan.

"Tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai  penjualan yang tersedia," pungkasnya. 

 

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?