NUSANTARA

Demo Mahasiswa Jombang: Jangan Ada Lagi Krisis Moneter

"Mereka berhenti di depan gedung wakil rakyat yang ada di Jalan Wahid Hasyim, kemudian mulai berorasi."

Demo Mahasiswa Jombang: Jangan Ada Lagi Krisis Moneter
Mahasiswa Jombang yang tergabung dalam IKABEMJO saat demo di depan gedung DPRD, Senin,(11/4/2022). Foto: KBR/Muji Lestari.

KBR, Jombang- Sejumlah mahasiswa di Jombang, Jawa Timur melakukan aksi demo di depan gedung DPRD Jombang, Senin, 11 April 2022.

Sejak start dan di sepanjang jalan yang dilalui, para mahasiswa meneriakkan tuntutan mereka sembari membentangkan sejumlah poster. Mereka berhenti di depan gedung wakil rakyat yang ada di Jalan Wahid Hasyim, kemudian mulai berorasi.

"Indonesia amburadul jika semuanya tidak diatur, keadilan bagi rakyat yang mana? Bahan pokok naik rakyat menjerit," teriak para mahasiswa.

Dalam aksinya, mahasiswa Jombang mengusung beberapa tuntutan. Salah satunya menolak wacana penundaan Pemilu 2024.

Koordinator Aksi, Ahmad Kelvin Moniaga menyebut wacana itu menyalahi undang-undang dasar, dan berdampak buruk bagi masyarakat.

"Dampaknya memang sangat berpengaruh ke masyarakat, kita tidak mau lagi ada krisis moneter seperti tahun 98, di mana itu waktu zaman Soeharto 32 tahun menjabat. Karena kita punya undang-undang, konstitusi yang menetapkan bahwasannya pemilu itu dan jabatan presiden hanya sampai 5 tahun dan hanya 2 periode," katanya, di sela-sela aksi demo, Senin, (11/4/2022).

Baca juga:

Selain wacana penundaan pemilu, pedemo juga menyoroti soal kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu serta naiknya PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dari 10 menjadi 11 persen.

Mereka menegaskan menegaskan bahwa Indonesia bukan milik pribadi, namun semua sektor seolah ingin dikuasai sekelompok orang atau oligarki. 

Para pedemo ditemui Ketua DPRD Jombang, Mas'ud Zuremi dan beberapa anggota dewan lain.

"Terima kasih aksinya saya terima dan akan saya teruskan ke eksekutif," kata Mas'ud.

Aksi demo Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa se-Jombang (IKABEMJO) merupakan rangkaian demonstrasi 11 April oleh BEM SI (Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia). Aksi diawali dari Bundaran Ringin Contong menuju kantor dewan dengan pengawalan ketat petugas polisi.

Aksi serupa juga digelar di daerah lain, semisal di Jakarta, Sumatera Selatan, dan Rembang, Jawa Tengah.

Editor: Sindu

  • Demo Mahasiswa Jombang
  • IKABEMBJO
  • Demo Mahasiswa
  • Krisis Moneter
  • DPRD Jombang
  • Aksi Demo Mahasiswa
  • Demo 11 April
  • Tolak Penundaan Pemilu 20224

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!