NUSANTARA

Amankan Mudik Lebaran, Polda Maluku Terjunkan 3.400 Personel Gabungan

"Selain di titik-titik perhubungan mudik lebaran, pengamanan juga dilakukan di tempat keramaian seperti mal, tempat rekreasi, pasar, serta rumah ibadah, termasuk pelabuhan penyeberangan rakyat."

Stevano Lilinger

mudik lebaran
Gelar Pasukan Operasi Ketupat Salawaku 2022 di Lapangan Pol Chr Tahapary Ambon, Jumat (22/4/2022). (Foto: KBR/Stevano)

KBR, Maluku – Kepolisian Daerah Maluku mengerahkan 3.400 personel gabungan selama pelaksanaan Operasi Ketupat Salawaku 2022.

Operasi Ketupat Salawaku digelar mulai 28 April hingga 9 Mei 2022.

Kapolda Maluku Lotharia Latif mengatakan personil gabungan itu terdiri dari 400 anggota TNI, 2.400 anggota Polri dan 600 personel dari instansi terkait.

"Polda Maluku juga membuka 42 unit pos pengamanan, 27 unit pos pelayanan, dan empat pos terpadu ditempatkan di pelabuhan, bandara, terminal," kata Lotharia Latif usai gelaran Pasukan Ops Ketupat Salawaku 2022 di Lapangan Pol Chr Tahapary, Jumat (22/4/2022).

Selain di titik-titik perhubungan, pengamanan juga dilakukan di tempat keramaian seperti mal, tempat rekreasi, pasar, serta rumah ibadah, termasuk pelabuhan penyeberangan rakyat.

Kapolda Lotharia Latif menjanjikan pasukan di lapangan akan mengutamakan pendekatan preemtif (imbauan), preventif (pencegahan) yang didukung dengan penegakan hukum dan bantuan operasi.

Baca juga:


Latif juga mengingatkan operator pelabuhan untuk senantiasa memantau kondisi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Untuk menghindari kecelakaan, operator kapal juga diminta tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas daya muat.

Latif mengakui saat ini antusias warga untuk pulang kampung sangat tinggi. Karena itu, kata Latif, selama digelarnya Operasi Ketupat Salawaku, tim gabungan akan melaksanakan vaksinasi bagi warga untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

"Tujuanya agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman. Saya berharap personil dilapangan bisa lakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat agar taat protokol kesehatan," paparnya.

Kapolda juga menekankan kepada setiap instansi yang terlibat dalam Operasi Ketupat Salawaku 2022, agar bisa selalu meningkatkan koordinasi di masa pandemi Covid-19 ini.

"Laksanakan maping rawan macet, rawan laka darat/laut, rawan konflik dan rawan curat, curas dan curanmor,” kata Lotharia Latif.

Eks Kapolda NTT itu menambahkan warga tidak perlu khawatir karena secara umum ketersediaan bahan kebutuhan pokok termasuk minyak goreng hingga pasokan listrik aman selama maupun sesudah Idulfitri.

Ia juga meminta kepada masyarakat segera melaporkan jika menemukan kenaikan harga bahan pokok, agar bisa ditindak lanjuti.

Kepolisian Daerah Maluku melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Salawaku 2022, pengamanan lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, Jumat (22/4/2022).

Gubernur Maluku, Murad Ismail, bertindak sebagai inspektur apel, di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

  • mudik lebaran
  • Lebaran 2022
  • idulfitri 2022
  • Ambon
  • Maluku
  • Operasi Ketupat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!