Ramadan, Muslim Eropa Bantu Warga Aceh

Komunitas ini berpusat di Koln, Jerman.

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 15 Apr 2021 07:42 WIB

Author

Alfath Asmunda

Ramadan, Muslim Eropa Bantu Warga Aceh

Proses penyerahan bantuan dari Komunitas Masyarakat Muslim Eropa kepada warga kurang mampu di Aceh, Rabu (14/4/2021). Foto: Alfath Asmunda/KBR

KBR, Banda Aceh- Komunitas masyarakat muslim Eropa (Komunitas Hasene) menyalurkan paket sembako kepada warga kurang mampu di Aceh, Rabu (14/4/2021). Penyaluran dilakukan melalui yayasan Kafalah Indonesia.

Direktur Kafalah Indonesia, Muqni Affan mengatakan program ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap memasuki Ramadan. Tujuannya meringankan warga kurang mampu, anak yatim dan fakir miskin.

"Program ini juga dilaksanakan oleh 100 negara di dunia yang disalurkan oleh Komunitas Hasene melalui mitra mereka di seluruh dunia. Bukan hanya di negara miskin atau negera berkembang, bahkan juga disalurkan ke negara maju," katanya kepada jurnalis, Rabu (14/4/2021).

Mugni menuturkan, Kafalah Indonesia dipercaya menyalurkan paket tersebut ke seluruh Indonesia. Namun, karena situasi pandemi, maka penyaluran difokuskan di Aceh. Namun, ada 205 paket yang juga disalurkan di Jawa Barat.

Di Aceh, penyalurannya difokuskan ke beberapa kabupaten dan kota seperti; Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireuen, Aceh Jaya, Pidie, dan kota Langsa.

Untuk Indonesia, ada 2.222 ribu paket sembako yang dibagikan. Isinya antara lain beras, minyak, dan gula.

Mugni menjelaskan, Komunitas Hasene merupakan lembaga sosial Islamischen Gemeinschaft Millî Görüş (IGMG), yakni sebuah lembaga terbesar Turki di Eropa. Lembaga ini membawahi banyak masjid-masjid di seluruh Eropa hingga ke Australia. Komunitas ini berpusat di Koln, Jerman.

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Melimpah Limbah Medis

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11