Jelang Sekolah Tatap Muka, Dinkes Tulungagung Gencarkan Vaksinasi Guru SMP dan SMA

Vaksinasi dilakukan karena siswa tingkat SMP dan SMA akan melaksanakan ujian tatap muka

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 09 Apr 2021 20:58 WIB

Author

Adhar Muttaqin

Jelang Sekolah Tatap Muka, Dinkes Tulungagung Gencarkan Vaksinasi Guru SMP dan SMA

Ilustrasi: Vaksinasi Covid-19. (Foto: Antara)

KBR, Tulungagung- Dinas Kesehatan Tulungagung terus memperluas jangkauan vaksinasi Covid-19 untuk mempercepat kekebalan kelompok. Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, Kasil Rokhmat mengatakan, Ramadan nanti, Dinkes akan berencana mengintensifkan vaksinasi lebih dari 4.000 guru jenjang SMP dan SMK sederajat, serta para lansia.

"Dalam waktu dekat ini ada SMP dan SMA yang mau ujian maka terpaksa harus tatap muka, maka kami dahulukan SMP dan SMA sejumlah 4.923 sasaran. Tentu ini belum semua guru, karena kalau SD mulai Juli, kami nunggu kedatangan (vaksin) kedua," kata Kasil Rokhmat, Jumat (9/4/2021).

Kata Kasil, vaksinasi para guru SMP dan SMK ditargetkan akan rampung pada pertengahan puasa. Selain itu, sesuai jadwal distribusi vaksin Covid-19 pekan ini, Dinkes akan menerima 12.307 vaksin. Program vaksinasi pada puasa nanti akan tetap dilaksanakan pada siang hari, sebab sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), pemberian suntikan vaksin tidak membatalkan puasa.

Kasil Rokhmat menambahkan, Dinas Kesehatan akan melakukan pemantauan kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI). Jika pemberian vaksin pada saat puasa berdampak, maka jadwal vaksin akan dialihkan malam hari.

Sesuai data di Dinas Kesehatan Tulungagung, hingga saat ini jumlah warga yang tervaksin mencapai 23 ribu orang. Terdiri dari tenaga medis, tentara, polisi, pelayan publik, wartawan hingga lansia.

Editor: Friska Kalia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Jurus Investasi Reksadana Antitekor

Kiat Asyik Tegakkan Prokes saat Rayakan Hari Raya

Kabar Baru Jam 7

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19 Klaster Idulfitri