BERITA

Penjara Solo Musnahkan Puluhan Pisau dan Telepon Selular Sitaan

""Diperoleh 24 handphone atau telepon seluler, 27 kartu perdana, 43 senjata tajam atau pisau rakitan yang dibuat dari sendok dan sikat gigi.""

Yudha Satriawan

Penjara Solo Musnahkan Puluhan Pisau dan Telepon Selular Sitaan
Barang sitaan Rutan kelas 1 Surakarta, Jawa Tengah sebelum dimusnahkan. (Foto: KBR/Yudha S.)


KBR,Solo- Rumah Tahanan kelas  1 Surakarta, Jawa Tengah memusnahkan ratusan barang hasil sitaan yang diperoleh petugas di  penjara. Kepala Penjara  Surakarta, Oga Dharmawan mengatakan, petugas menyita puluhan telepon genggam, kartu telepon, senjata tajam rakitan, dan sebagainya.

Menurut Oga, Sitaan tersebut diperoleh selama jangka waktu 5-6 bulan ini.

 

"Hasil sitaan petugas berhasil diperoleh 24 handphone atau telepon seluler, 27 kartu perdana, 43 senjata tajam atau pisau rakitan yang dibuat dari sendok dan sikat gigi. Indikasi kami, pisau rakitan ini digunakan untuk menjaga diri. Mengantisipasi pemerasan antarnapi atau tahanan di dalam penjara, atau bahkan bisa digunakan untuk menyerang petugas," ujar Kepala Penjara  Surakarta, Oga Dharmawan, saat ditemui di sela-sela pemusnahan barang sitaan, Kamis (27/4).

 

Dari pantauan di lokasi, ratusan narapidana dan  tahanan Rutan klas 1 Surakarta dikumpulkan di halaman dalam kompleks rutan. Petugas memasukkan barang sitaan tersebut ke dalam tong yang berisi api membara. Barang sitaan tersebut sebelumnya dipajang di sebuah meja. Satu per satu barang sitaan tersebut dibakar.


Saat ini Jumlah narapidana dan tahanan di Rutan klas 1 Surakarta mencapai 600 orang.


Editor: Rony Sitanggang

  • Kepala Penjara Surakarta
  • Oga Dharmawan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!