BERITA

Banjir Bandang Aceh Tenggara, Dinas Pendidikan Jamin Senin Sekolah Dibuka

Banjir Bandang Aceh Tenggara, Dinas Pendidikan Jamin Senin Sekolah Dibuka


KBR, Tenggara– Senin pekan depan aktivitas belajar dua Sekolah Dasar di Kecamatan Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara sudah bisa dilakukan. Sebelumnya sekolah diliburkan karena terdampak banjir bandang pada Selasa (11/04) lalu. 

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tenggara, Syafrizal mengatakan, proses belajar dan mengajar  terhenti karena sekolah tertimbun lumpur dan material banjir bandang. Selain itu juga banyak di antara siswa-siswi yang tak memiliki atau kehilangan fasilitas sekolah, seperti pakaian seragam, sepatu dan buku bacaan.


”Jadi, kalau Kita paksakan tentu tidak mungkin, karena rumah-rumah orang tua wali murid dan guru-guru banyak yang terkena dampak banjir di situ.  Saya jamin hari Senin Kita semuanya sudah bisa belajar, apalagi ujian sekolah sudah   dekat,” kata Syahrizal kepada KBR, Jumat (14/04).


Tercatat jumlah warga yang mengungsi akibat banjir di Kabupaten Aceh Tenggara mencapai 812 keluarga atau  3501 jiwa. Mereka, ditampung di posko pengungsian di Mesjid Simpang Semadam dan Gereja Lawe Sigala-gala. Sedangkan rumah terdampak berjumlah  336 rusak ringan, 171 rusak berat  dan 3 unit rumah ibadah. 


Banjir di Aceh Tenggara menerjang 12 desa yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Lawe Sigala-gala, Kecamatan Semadam dan Kecamatan Babu Makmur, pada Selasa (11/4/2017) lalu. Dua orang tewas termasuk bayi berusia 1,5 tahun.


Puluhan batang kayu bertumpuk di sejumlah tempat yang dilanda banjir. Kayu-kayu gelondongan berukuran besar dan panjang itu terseret air dan lumpur. Arah banjir berasal dari Hutan Lindung Leuser menuju perkampungan warga.


Wilayah Aceh Tenggara merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian antara 25 meter hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Aceh Tenggara dikelilingi Taman Nasional Gunung Leuser dan Bukit Barisan.

Editor: Rony Sitanggang

  • Banjir bandang Aceh Tenggara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!