BERITA

Ribuan Santri di Bondowoso Turun Jalan

Ribuan Santri di Bondowoso Turun Jalan

KBR, Bondowoso – Sekitar 2.500 santri dari 30 lembaga pesantren di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menggelar aksi turun ke jalan menolak aliran yang mereka tuding tak sepaham dengan ajaran islam.

Koordinator Aksi, Muhammad Hasan mengatakan, aksi ini juga bertujuan untuk mendorong aparat hukum tegas terhadap aliran yang mereka tuding itu.


“Tentu tujuan aksi ini menolak aliran yang tak sepaham. Apapun namanya aliran itu kalau mencaci keluarga Nabi kami menolak aliran itu berkembang di Bondowoso,” kata Hasan usai aksi damai yang berlangsung di Alun – alun Bondowoso, Minggu (3/4/2016).


Menurut Hasan, pihaknya mendapat informasi bahwa salah satu aliran akan menggelar pengajian akbar tanggal 6 April mendatang. Hasan berharap, Polres Bondowoso bisa menghentikan acara tersebut agar tak timbul perselisihan.


Menanggapi hal itu, Kapolres Bondowoso, AKBP Djadjuli  yang terjun langsung mengamankan aksi ini meminta kepada seluruh santri agar menahan diri dan tak melakukan aksi kekerasan.


“Kami akan tampung semua aspirasi, asalkan jangan ada aksi main hakim sendiri atau aksi anarkis. Jangan juga ada yang saling memprovokasi. Kita pastikan agar Bondowoso tetap kondusif,” ujar Kapolres.


Sementara itu, Kabag Ops Polres Bondowoso, Hermanto menuturkan pihaknya telah menerjunkan 950 personel untuk mengamankan aksi tersebut. Kata dia, selain personel Polres Bondowoso pihaknya juga mendapat bantuan pasukan dari TNI, Brimob, 514 Raider, Satpol PP, Banser dan  Dinas Perhubungan.


“Hari ini petugas yang diterjunkan 950 personel. Kami memastikan agar aksi ini berjalan lancar dan damai,” kata Kompol Hermanto saat ditemui disela aksi, Minggu (3/4/2016).


Hermanto mengatakan, pengamanan aksi ini memang diperketat karena melibatkan ribuan masa. Untuk menghindari aksi bentrok, Polres Bondowoso juga memastikan kedua belah pihak yang berseberangan tak bertemu langsung dalam aksi ini.


Editor: Sasmito Madrim

  • santri
  • banyuwangi
  • aliran kepercayaan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!