BERITA

Rawan Longsor, 21 Rumah di Trenggalek Dibongkar Paksa

"Sebagian besar konstruksi rumah, seperti tembok dan lantai di Dusun Sumbermadu retak yang diakibatkan pergerakan tanah. Bahkan lebar retakan tanah mencapai 30 centimeter. "

Rawan Longsor, 21 Rumah di Trenggalek Dibongkar Paksa
Tim gabungan membongkar rumah salah satu warga Dusun Sumbermadu, Desa Pucanganak, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Foto: Adhar

KBR, Trenggalek - Puluhan rumah yang terancam longsor di Dusun Sumbermadu, Desa Pucanganak, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek dibongkar paksa. Kepala Desa Pucanganak, Hadi Sumanto mengatakan, pembongkaran dilakukan secara bertahap oleh tim gabungan warga, BPBD Trenggalek dan TNI. Sedangkan warga yang rumahnya dibongkar ini akan diungsikan ke lokasi yang lebih aman.

"Membongkar dan menurunkan rumah yang sudah tidak layak huni, karena kalau ditempati mengancam dan mengkhawatirkan keselamatan warga kami. Dari 21 rumah itu akam kami bongkar secara bertahap," katanya kepada KBR, Jumat, 15 April 2016. 

Hadi Sumanto menjelaskan, sebagian besar konstruksi rumah, seperti tembok dan lantai di Dusun Sumbermadu retak yang diakibatkan pergerakan tanah. Bahkan lebar retakan tanah mencapai 30 centimeter. Menurutnya, seluruh warga telah memiliki lahan lain, namun sebagian dari mereka belum memiliki anggaran untuk membangun rumah baru.

Data pemerintah desa setempat menunjukan pergerakan tanah di Dusun Sumbermadu mulai terjadi sejak 2011, namun kondisi paling parah terjadi pada April ini. Luas tanah yang mengelami pergerakan diperkirakan mencapai lebih dari 10 Hektare. 


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • trenggalek

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!