BERITA

Pemerintah Siapkan 3 Opsi untuk Pengungsi Rohingya di Aceh

Pemerintah Siapkan 3 Opsi untuk Pengungsi Rohingya di Aceh

KBR, Lhokseumawe – Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) akan segera memutuskan nasib pengungsi Rohingya. Imigran asal Myanmar itu kini mengungsi di Provinsi Aceh, sejak setahun lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Utara, Isa Ansari mengatakan, keputusan itu akan dikeluarkan pada Mei mendatang. Kata dia, ada tiga solusi yang sedang direncanakan oleh pemerintah, seperti pengembalian secara sukarela ke negara asal, penempatan ke negara ketiga atau memperbolehkan warga negara asing tersebut bekerja di Indonesia.


"Kita juga harus menunggu bulan Mei nantikan, Kita baru setahun dalam tahap pembinaan mereka (rohingnya-red). Tapi, setelah Mei nanti ada petunjuk dari Pusat lewat Menkopolhukam bagaimana perlakukan Kita terhadap mereka atau kelanjutan mereka apakah disatukan dalam satu kosentrasi kedepannya,” kata Isa Ansari menjawab portalkbr, Rabu (27/4).


Sebelumnya, ratusan imigran Rohingnya terdampar di Provinsi Aceh pada awal Mei 2015. Mereka, mengungsi di tempat penampungan sementara yang tersebar di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur. Dengan total pengungsi asal Myanmar mencapai sekitar 1.000-an orang.




Editor: Quinawaty Pasaribu 

  • Rohingya
  • Myanmar
  • Aceh
  • pengungsi rohingya aceh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!