Pemerintah Siapkan 3 Opsi untuk Pengungsi Rohingya di Aceh

Kata dia, ada tiga solusi yang sedang direncanakan pemerintah, seperti pengembalian secara sukarela ke negara asal, penempatan ke negara ketiga atau memperbolehkan warga negara asing tersebut bekerja.

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 28 Apr 2016 09:45 WIB

Author

Erwin Jalaludin

Pemerintah Siapkan 3 Opsi untuk Pengungsi Rohingya di Aceh

Imigran rohingnya yang terdampar di Kabupaten Aceh Utara. Foto : Erwin Jalaluddin/KBR.

KBR, Lhokseumawe – Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) akan segera memutuskan nasib pengungsi Rohingya. Imigran asal Myanmar itu kini mengungsi di Provinsi Aceh, sejak setahun lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Utara, Isa Ansari mengatakan, keputusan itu akan dikeluarkan pada Mei mendatang. Kata dia, ada tiga solusi yang sedang direncanakan oleh pemerintah, seperti pengembalian secara sukarela ke negara asal, penempatan ke negara ketiga atau memperbolehkan warga negara asing tersebut bekerja di Indonesia.

"Kita juga harus menunggu bulan Mei nantikan, Kita baru setahun dalam tahap pembinaan mereka (rohingnya-red). Tapi, setelah Mei nanti ada petunjuk dari Pusat lewat Menkopolhukam bagaimana perlakukan Kita terhadap mereka atau kelanjutan mereka apakah disatukan dalam satu kosentrasi kedepannya,” kata Isa Ansari menjawab portalkbr, Rabu (27/4).

Sebelumnya, ratusan imigran Rohingnya terdampar di Provinsi Aceh pada awal Mei 2015. Mereka, mengungsi di tempat penampungan sementara yang tersebar di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur. Dengan total pengungsi asal Myanmar mencapai sekitar 1.000-an orang.



Editor: Quinawaty Pasaribu 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Belgia Kewalahan Hadapi Gelombang Pandemi

Penerimaan Masyarakat terhadap Vaksin Covid-19 Masih Rendah

Ronde 6 - Petani Tembakau

Kabar Baru Jam 8