BERITA

Pelabuhan Ekspor Balikpapan Diresmikan Pekan Ini

" Pelabuhan ekspor akan memangkas waktu tempuh dari sebelumnya 30 hari menjadi 14 hari."

Pelabuhan Ekspor Balikpapan Diresmikan Pekan Ini
Ilustrasi -- Kegiatan bongkar muat di pelabuhan peti kemas. Antara Foto

KBR, Balikpapan– Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk mengatakan akan segera meresmikan pelabuhan ekspor untuk wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang terletak di Kawasan Industri Kariangau (KIK) Balikpapan.

Menurutnya, pelabuhan tersebut penting karena komoditas ekspor sudah tidak lagi melalui pelabuhan Makasar, Surabaya dan Jakarta yang memakan waktu lama dan biaya tinggi.


“Pelabuhan Balikpapan sudah akan kita resmikan sebagai pelabuhan ekspor. Jadi kita bisa langsung ek Asia Timur, mulai ke Taiwan, Korea, Jepang, Cina, Soviet, Negara-negara asean melalui ALKII II  (Alur Laut Kepulauan Indonesia),” kata Awang Farouk Ishak Rabu (20/04).


Kata dia, keberadaan pelabuhan ekspor akan memangkas waktu tempuh dari sebelumnya 30 hari menjadi 14 hari. Selain itu, biaya pengiriman akan berkurang hingga 40 persen.


Awang Farouk Ishak juga mengingatkan perusahaan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara tidak lagi mengekspor barang mentah, tapi diolah terlebih dulu sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Editor: Sasmito Madrim

  • Pelabuhan Balikpapan
  • Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk Ishak
  • ekspor

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!