BERITA

Lapor! Ada Grup LINE untuk Mencontek

"Ombudsman DIY bakal panggil dinas pendidikan untuk mengklarifikasi"

Febriana Sinta

Lapor! Ada Grup LINE untuk Mencontek
Ilustrasi (Foto: Rafik M/KBR)

KBR, Yogyakarta- Ombudsman RI wilayah DIY mendapat laporan mencontek massal ujian Bahasa Indonesia melalui grup aplikasi LINE. Total ada 195 anggota dalam grup tersebut. Laporan itu mereka dapatkan dari salah seorang siswa SMAN di Yogyakarta, dilengkapi dengan screenshoot foto soal ujian.

Kepala ORI DIY, Budhi Masturi mengatakan, foto tersebut diambil salah seorang siswa saat berlangsungnya ujian dengan menggunakan kamera HP.

"Kami menyesalkan mekanisme pengawasan yang dilakukan dan dengan mudah siswa yang ikut ujian bisa memotret," ujar Budhi kepada KBR, Kamis (7/4).

Menurut Budhi hal tersebut juga termasuk kebocoran soal, karena disebar saat ujian berlangsung. Sebagai bukti, pihaknya menerima tujuh buah screenshoot, yaitu foto soal yang diambil komputer dan ujian tertulis.

Untuk menindaklanjuti laporan tersebut, hari Senin (11/4)  mendatang, ORI akan memanggil kepala Dinas Pendidkan, Pemuda dan Olahraga DIY untuk mempertanyakan hal tersebut. 

Editor: Dimas Rizky

  • Ujian Nasional 2016
  • #un2016

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!