BERITA

2016-04-15T11:40:00.000Z

Harga Bawang di PPU Melonjak Tajam

"Harga bawang merah kini mencapai Rp 50 ribu perkilogram. Sedangkan bawang putih mencapai Rp 44 ribu perkilogram"

Harga Bawang di PPU Melonjak Tajam
Foto: Antara


KBR, Balikpapan – Harga bawang merah dan bawang putih di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus melonjak tajam dalam dua pekan terakhir. Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli mengatakan, harga bawang merah kini mencapai Rp 50 ribu perkilogram. Sedangkan bawang putih mencapai Rp 44 ribu perkilogram. Lonjakan harga ini akibat dari seretnya pasokan dari Jawa. Menurut Rusli, produksi petani bawang di Jawa saat ini menurun.

“Bawang ini ada beberapa kendala. Pada saat ini keadaan cuaca sedang musim hujan. Sehingga untuk bawang banyak terjadi gagal panen. Karena produksi bawang berkurang karena adanya musim hujan yang cukup tinggi,” kata Rusli Jumat, 15 April 2016.

Selain harga bawang, harga cabe di Penajam Paser Utara juga mencapai Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu perkilogram. Hingga kini, Penajam Paser Utara masih mendatangkan dari Jawa maupun Sulawesi.

  • balikpapan
  • harga bawang anjlok
  • harga bawang naik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!