BERITA

Distribusi Naskah Rampung, Lebih dari 31 Ribu Siswa SMA Bakal Ikuti UN

"Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara memastikan telah mendistribusikan naskah soal Ujian Nasional (UN) ke 15 kabupaten dan kota di provinsi tersebut. "

Zulkifli

Distribusi Naskah Rampung, Lebih dari 31 Ribu Siswa SMA Bakal Ikuti UN
Petugas mengangkut soal Ujian Nasional di kantor Dinas Pendidikan Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (2/4). (Foto: Antara)

KBR, Manado - Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara memastikan distribusi naskah soal Ujian Nasional (UN) ke 15 kabupaten dan kota di provinsi tersebut telah rampung sejak Jumat (02/04/2016) kemarin. Sekretaris Dinas Pendidikan Sulut, Krostian Sumampow mengatakan, total siswa yang bakal mengikuti UN, kata dia, sebanyak 31.096 orang.

"Kami hanya bisa mengantar sampai titik distribusi Kabupaten/Kota dan selanjutnya menjadi tanggung jawab Kabupaten Kota untuk menyalurkan ke sekolah-sekolah dan semua naskah UN disimpan lebih dulu di kantor kepolisian." Ujar Sekretaris Diknas Sulut, Kristian Sumampow, Sabtu (02/04/2016).

Dijelaskan Sumampow, pihak Intelkam Polda Sulut mendamingi proses pengiriman seluruh naskah hingga ke masing-masing dinas pendidikan kabupaten/kota. Sementara itu, ia mengklaim penyaluran di 3 wilayah kepulauan, seperti Kabupaten Sangihe, Talaud dan Sitaro berjalan aman tanpa kendala. Meski kata dia, proses perjalanan menggunakan kapal laut memakan waktu berhari - hari.


Dia menambahkan, berdasarkan data dinas pendidikan, rincian peserta UN SMA/SMK sederajat tahun ini terdiri atas 16.243 siswa dari 205 SMA, 201 siswa dari 14 SMTK, 36 MA dengan jumlah siswa 1.354 siswa, dan 13.298 siswa dari 168 SMK.


Sedangkan, sebanyak 19 sekolah yang tersebar di sembilan kabupaten/ kota di Provinsi Sulawesi Utara tercatat bakal menerapkan UN berbasis Komputer. Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/SMK sederajat bakal digelar pada 4 hingga 7 April pekan depan. 

Editor: Nurika Manan

  • UN 2016
  • Ujian Nasional Sulawesi Utara
  • Distribusi Naskah UN

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!