BERITA

UN Online di Banyuwangi Dilakukan Tiga Tahap

UN Online di Banyuwangi Dilakukan Tiga Tahap

KBR, Banyuwangi - Pelaksanaan ujian nasional secara online di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, dilakukan tiga tahap dalam sehari. 

Seperti di SMKN1 Banyuwangi, di sekolah ini ujian tahap pertama dilaksanakan pada pukul 08.00-10.00, tahap ke dua pukul 11.00-13.00  dan tahap ke tiga dilaksanakan pukul 14.00- 16.00 WIB. 

Kepala Sekolah SMKN 1 Banyuwangi Sri Hidayati mengatakan, ujian nasional online ini dilakukan tiga tahap, karena keterbatasan alat yang digunakan. Kata dia, di sekolahnya dari 400 lebih siswa yang mengikuti ujian online, alat yang tersedia hanya 160. Sehingga tidak memungkinkan dilaksanakan secara serentak.

Selain itu menurut Sri Hidayati, pelaksanaan ujian nasional online tiga tahap ini, juga untuk mengurangi risiko terjadinya masalah pada jaringan internet di sekolah. Meski begitu pihaknya yakin ujian nasional secara online ini bisa berjalan lancar hingga selesai.

“Sesuai dengan pos tiga tahap jadi sekitar 150-an anak. Peralatan memang selain peralatan kita mengacu pada pos, untuk CBT memang mengharuskan kita dilaksanakan tiga tahap. Jadi mungkin untuk mengantisipasi terjadi error di sana-sini kalau dilakukan secara serentak,”kata Sri Hidayati, Senin (13/4/2015). 

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjamin ujian nasional secara online di Banyuwangi akan berjalan lancar. Sebab kata dia, Pemerintah Banyuwangi sebelumnya telah melayangkan surat pemberitahuan kepada PT PLN dan PT Telkom untuk mendukung kelancaran ujian nasional ini.

Selian itu, seluruh sekolah penyelenggara ujian nasional di Banyuwangi juga telah diminta untuk menyediakan genseat untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik.

Di Banyuwangi ada 700 lebih siswa di dua sekolahan yang akan mengikuti ujian nasional secara online. Sekolah yang menggelar ujian nasional online itu adalah, SMKN 1 Banyuwangi dan SMK 6 Muhammdiyah Rogojampi. Sedangkan sekolah-sekolah lainnya masih melaksanakan ujian nasional seacara manual.

Sementara itu, untuk jumlah peserta ujian nasional untuk tingkat SMA sederajad tahun ini di Banyuwangi mencapai 16 ribu lebih. Dari jumlah tersebut untuk siswa MA 2 ribu lebih siswa, SMA 5 ribu siswa lebih dan SMK 8 ribu siswa lebih.

Editor: Antonius Eko  

  • Ujian nasional
  • online
  • banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!