Sekolah Bondowoso Gelar Uji Coba UN Online

Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Bondowoso, Ngatmini mengatakan, ujian ini digelar untuk membiasakan para siswa menghadapi dan mengerjakan ujian melalui komputer

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 07 Apr 2015 11:19 WIB

Author

FRISKA KALIA

Sekolah Bondowoso Gelar Uji Coba UN Online

Siswa SMKN 1 Jurusan Teknik Komputer Jaringan sedang mengerjakan soal dalam uji coba UN berbasis komputer, Selasa (7/4). (foto: Friska Kalia)

KBR, Bondowoso – Sepekan jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer, sekolah penyelenggara terus melakukan persiapan, salah satunya menggelar ujian percobaan. 

Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Bondowoso, Ngatmini mengatakan, ujian ini digelar untuk membiasakan para siswa menghadapi dan mengerjakan ujian melalui komputer. Uji coba ini juga digelar untuk memeriksa apakah semua akun milik siswa sudah bisa digunakan untuk login saat ujian nanti.

“UN berbasis komputer di SMKN 1 sudah siap karena karena sudah jauh-jauh hari dipersiapkan. Mulai dari setting alat, menyiapkan laboratorium dan teknisi. Untuk hari ini kita uji coba dimana semua anak dipastikan sudah bisa login dengan akun masing-masing,” kata Ngatmini saat ditemui KBR, Selasa (7/4/2015).

Dikatakan Ngatmini, sekolah juga sudah menyiapkan genset yang akan digunakan jika terkadi pemadaman listrik saat ujian berlangsung. Selain itu, untuk sistem penjagaan saat ujian juga berbeda dengan ujian konvensional. Untuk ujian nasional berbasis komputer akan ada 3 pengawas di setiap ruangan yang terdiri dari teknisi, proctor dan pengawas ujian.

“Jadi proctor bertanggung jawab jika anak-anak kesulitas login dengan akun mereka. Sementara teknisi berjaga kalau ada masalah dengan jaringan internet atau komputer. Lalu ada pengawas yang seperti biasa bertugas mengabsen dan menjaga mereka,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi SMA/SMK Dinas Pendidikan I Nyoman Sutama mengatakan, berbagai persiapan untuk pelaksanaan UN pada 13 April mendatang sudah rampung. Jika tidak ada halangan, paket naskah soal UN untuk Kabupaten Bondowoso juga dijadwalkan tiba sore ini.

“Kalau ujian konvensional sudah siap semua. Kemudian untuk ujian berbasis komputer juga sudah siap karena anak-anak sudah bisa online dan uji coba langsung,” kata Nyoman.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso, untuk tahun 2015 ujian nasional akan diikuti oleh 1.897 peserta SMA, 1.684 Madrasah Aliyah, 2.270 SMK, 4 Siswa SMA-LB dan 805 peserta ujian Paket C. Dijadwalkan ujian akan berlangsung pada 13 April. 

Editor: Antonius Eko 

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kapten Barcelona Lionel Messi Lampaui Rekor Cristiano Ronaldo

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18