BERITA

Bogor Incar Dana DPR untuk Selesaikan Jalur Arteri

Bogor Incar Dana DPR untuk Selesaikan Jalur Arteri

KBR, Bogor - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengincar dana hibah sebesar Rp 150 miliar dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), untuk menyelesaikan proyek jalur arteri (Alternatif Pajajaran) yang saat ini terhenti.

Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan, Komisi V DPR RI berjanji yang akan membantu pencairan dana tersebut. Dana hibah itu nantinya akan digunakan untuk membangun lima jembatan yang melintasi suangi Ciliwung dan Kali Baru.

"Itu jadi untuk jembatan aja. Ada lima jembatan, yang kecil dua, yang sedang dua dan yang panjang satu. Itu yang besar yang akan melintasi suangi Ciliwung dekat Katulampa. Baru nanti nyambung ke Jalan Raya Tajur, untuk nyambung lagi ke jalur Bogor Iner Ring Road (BIRR)," katanya saat berbincang dengan KBR di Balai Kota Bogor, Jumat (10/4/2015). 

Usmar menjelaskan, dana bantuan itu memang belum diterima oleh Pemkot Bogor. Rencananya, Pemkot Bogor akan membuat proposalnya terlebih dahulu secara detail, untuk kelima jembatan yang akan dibangun."Itu tahun ini diajukan, 2016 masuknya. Jadi sambil nunggu, kita kerjakan dulu fisik jalannya yang dari dana bantuan provinsi itu senilai 25 miliar," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Sudraji mengatakan, saat ini pembangunan jalan arteri (alternatif Pajajaran) itu baru 6 kilometer dari 15 kilometer yang direncanakan. Pembangunan sendiri dilakukan lima tahap. 

"Sekarang baru tiga tahap. Nanti kita akan lanjut di tahun ini, tapi sekarang masih tunggu tahap lelang," jelasnya.

Editor: Antonius Eko  

  • Bogor
  • jalan arteri
  • dana

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!