BERITA

Antisipasi Gagal Panen, Bondowoso Beri Asuransi Pada Petani

"Pemkab Bondowoso jajaki kerja sama berbagai pihak untuk jaminan sosial pertanian."

Friska Kalia

Antisipasi Gagal Panen, Bondowoso Beri Asuransi Pada Petani
Beras Organik Bondowoso

KBR, Bondowoso - Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mempertimbangkan pemberian asuransi kepada petani yang gagal panen. Bupati Bondowoso, Amin Said Husni mengatakan, pihaknya tengah menjalin upaya kerjasama dengan berbagai pihak yang mampu memberikan jaminan sosial pertanian. Sebab gagal panen adalah masalah yang paling ditakutkan petani.

"Memang salah satu kesulitan petani saat mengalami gagal panen. Mereka sudah menginvestasikan modal yang pas-pasan tapi kemudian panennya rusak. Oleh karena itu kami akan jajaki kemungkinan adanya pemberian jaminan sosial bagi petani dengan berbagai pihak," kata Bupati Amin saat dikonfirmasi KBR, Kamis (30/4/2015).


Bupati Bondowoso, Amin Said Husni menambahkan, gagasan ini masih perlu peninjauan dan perencanaan agar penerima jaminan sosial pertanian tepat sasaran. Berdasarkan pengalaman Kabupaten di Nusa Tenggara Barat yang telah lebih dulu berhasil, peran pihak ketiga dalam memberikan jaminan sosial sangat penting.

Pertanian merupakan salah satu sektor unggulan di Bondowoso. Berdasarkan data BPS, sektor ini menjadi penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten. Hal tersebut tak mengherankan, mengingat sekitar 66 persen dari total 750 ribu penduduk Bondowoso merupakan petani.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • jaminan sosial pertanian
  • Bondowoso
  • petani
  • gagal panen
  • asuransi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!