BERITA

3 WNI Asal Rembang, Bertahan di Yaman

"Dari total 7 orang mahasiswa asal kabupaten Rembang, Jawa Tengah di Yaman, 3 diantaranya memilih bertahan. Sedangkan 4 lainnya memutuskan pulang ke tanah air. "

Musyafa

3 WNI Asal Rembang, Bertahan di Yaman
Pasangan Sugiyanto–Sumarmi, menunjukkan foto putranya di Yaman. (Musyafa/KBR)

KBR, Rembang– Dari total 7 orang mahasiswa asal kabupaten Rembang, Jawa Tengah di Yaman, 3 diantaranya memilih bertahan. Sedangkan 4 lainnya memutuskan pulang ke tanah air.

Ayah salah satu mahasiswa, Sugiyanto, warga desa Sumbergirang Kecamatan Lasem mengatakan putranya menimba ilmu di sebuah pondok pesantren, kota Mukallah. Ia sudah mengabarkan situasi masih aman. Meski sempat mendengar suara bom, namun jaraknya cukup jauh. Dia mengklaim pimpinan pondok pesantren menyatakan kesiapannya untuk mengungsikan para santri, termasuk anaknya ke negara terdekat, Oman, jika situasi semakin gawat.

“Anak kami punya keyakinan kuat menetap di sana, menyelesaikan sekolahnya. Paling tidak selama lima tahun. Mulai tertanggal 23 Maret 2014 sampai sekarang. Alhamdulilah setiap malam, kita selalu komunikasi. Kalau seandainya semakin gawat, pengasuh pondok siap memindahkan santri ke negara terdekat, Oman," ungkapnya kepada KBR, hari Minggu (12/04).

Sugiyanto mengaku tenang setelah mendengar penjelasan tersebut. Tapi banyak kerabat dan keluarga di kampung, tetap merasa cemas.

Perang di Yaman ini sudah terjadi sejak tahun 2010, melibatkan kelompok syiah dan suni. Situasi semakin memanas, lantaran negara lain, Arab Saudi ikut masuk memberikan dukungan kepada pihak pemerintah. 

Editor: Dimas Rizky

  • evakuasi WNI
  • wni
  • konflik
  • yaman

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!