Korban Pelanggaran HAM Temui Wantimpres

KBR68H, Jakarta

NUSANTARA

Selasa, 15 Apr 2014 12:01 WIB

Author

Evelyn Farantha

Korban Pelanggaran HAM Temui Wantimpres

HAM, nani, wantimpres

KBR68H, Jakarta – Korban pelanggaran HAM peristiwa 1965, Nani Nurani Selasa (15/4) hari ini mendatangi kantor Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). 


Nani Nurani didampingi dari Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). Nani Nurani mengadakan pertemuan dengan anggota Wantimpres Bidang Hukum dan HAM, Albert Hasibuan.


Pertemuan tersebut membicarakan nasib korban pelanggaran HAM 1965. Mereka menuntut keadilan dari pemerintah yang hingga kini belum ada titik penyelesaiannya.


Sebelumnya proses pengusutan peristiwa berdarah yang dilakukan PKI 1965-1966 terjadi pelanggaran HAM.


Nani Nurani merupakan korban pelanggaran HAM 1965. Dulu Nani adalah seorang penyanyi istana. Ia kemudian pernah dipenjara pada 1968 hingga 1975 tanpa proses hukum karena dituduh sebagai anggota Partai Komunis Indonesia (PKI). Usai menjalani penahan selama 7 tahun, Nani justru tidak mendapatkan haknya sebagai warga negara seperti tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan tidak diperbolehkan untuk berpergian ke luar negeri.Pada tahun 2003 Nani menggugat Camat Koja Jakarta Utara yang tidak mau menerbitkan KTP untuk Nani. Ia kemudian menggugat ke Pengadilan hingga akhirnya pada tahun 2008 Mahkamah Konstitusi memenangkan gugatannya. 




Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Modus Baru, JAD Gunakan Racun untuk Aksi Teror