NUSANTARA

Jumat Agung Maut, Enam Peziarah Tewas Akibat Kapal Tenggelam

"KBR68H, Jakarta - Kapal peziarah Jumat Agung tenggelam di Selat Gonzalu Nusa Tenggara Timur akibat kelebihan penumpang."

Guruh Dwi Riayanto

Jumat Agung Maut, Enam Peziarah Tewas Akibat Kapal Tenggelam
kapal tenggelam, jumat agung, paskah, selat gonzalu, ntt

KBR68H, Jakarta - Kapal peziarah Jumat Agung tenggelam di Selat Gonzalu Nusa Tenggara Timur akibat kelebihan penumpang.

Petugas Operasi SAR NTT Agus Virnita mengatakan tim SAR sudah menemukan enam orang tewas pada peristiwa itu. Kini Tim SAR tengah memusatkan pencarian di sekitar pelabuhan Larantuka untuk menemukan korban lainnya. (Baca: Ratusan Hilang Setelah Kapal Ferry Korea Selatan Tenggelam)

Kapal tersebut dikabarkan membawa 100 penumpang. Mereka bermaksud menjemput Patung Tuan Meninu dari Pantai Rewindo menuju Kota Larantuka

"Perempuan tiga orang, anak-anak tiga orang. Yang lainnya masih dalam pencarian. Yang terakhir posisi baru enam orang. Jumlah penumpang belum kita ketahui karena kapalnya melebihi kapasitas penumpang. Jadi, yang namanya prosesi ini tidak ada data penumpang yang pasti. Jadi, penumpangnya asal naik saja gitu. Kapal nelayan fiber beratnya tujuh ton. Diperuntukan untuk ngangkut penumpang selama proses ini karena disewa untuk ngangkut penumpang," kata Petugas Operasi SAR NTT Agus Virnita ketika dihubungi KBR68H, Jumat (18/04).

Kapal peziarah itu diperkirakan tenggelam ketika tengah mengikuti ritual Jumat Agung. Dalam ritual setempat, warga beramai-ramai menumpang kapal untuk menjemput Patung Tuan Meninu. Patung itu diangkut dari Pantai Rewindo menuju Kota Larantuka.

Editor: Rony Rahmatha

  • kapal tenggelam
  • jumat agung
  • paskah
  • selat gonzalu
  • ntt

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!