NUSANTARA

BPS dan Dinas Pendudukan Beda Hitung Penduduk, Wali Kota Kupang Bingung

"Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Kependudukan Kota Kupang, NTT mengeluarkan data berbeda tentang jumlah penduduk ."

BPS dan Dinas Pendudukan Beda Hitung Penduduk, Wali Kota Kupang Bingung
bps, dinas kependudukan, kupang

KBR68H, Kupang - Badan Pusat Statistik (BPS)  dan Dinas Kependudukan Kota Kupang, NTT mengeluarkan data berbeda tentang jumlah penduduk . 


Menurut BPS Kota Kupang, jumlah penduduk mencapai 300 ribu jiwa. Sedangkan data dinas kependudukan menyebut penduduk Kota Kupang mencapai 500 ribu jiwa. Perbedaan data ini, dipertanyakan Wakil Wali Kota Kupang Herman Man.


"Kalau profil sih tidak pakai kira-kira. Jumlah penduduk. Nah kemarin minggu lalu, saya mempermasalahkan jumlah penduduk Kota Kupang. BPS bilang 300, dinas kependudukan bilang 500, laporan kecamatan bilang 300. Saya mau percaya yang mana jumlah. Bagaimana saya mau omong yang benar tentang Kota Kupang, tentang jumlah penduduk miskin, jika dokumennya berbeda-beda," kata Herman Man, di Kupang Jumat (18/4).


Herman Man menambahkan, lembaga pencacah penduduk, seperti BPS dan dinas kependudukan, perlu mendata kembali jumlah penduduk sehingga tidak terjadi perbedaan. 


Selain itu, Herman Man minta kelurahan membuat profil sehingga data tentang potensi kelurahan termasuk jumlah penduduk bisa diketahui secara pasti. 


Editor: Antonius Eko 


  • bps
  • dinas kependudukan
  • kupang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!