90% Hutan Bakau Jawa Tengah Rusak Akibat Eksploitasi

KBR68H, Semarang

NUSANTARA

Selasa, 15 Apr 2014 12:20 WIB

Author

Rifky Muhammad

90%  Hutan Bakau Jawa Tengah Rusak Akibat  Eksploitasi

hutan, bakau, jateng

KBR68H, Semarang – 90 persen hutan bakau  yang berada di pesisir utara Jawa Tengah mengalami kerusakan. Kerusakan diakibatkan oleh eksploitasi yang dilakukan secara berlebihan. Faktor lain yaitu akibat pemanfaatan batang pohon bakau sebagai bahan bakar dan akibat pembukaan lahan yang dianggap berlebihan. 


Ketua organisasi lingkungan Bakau Kemangteer Semarang,  Dinuarca Endra mengatakan kerusakan hutan bakau terus meningkat dan di awal tahun 2014. Hingga tahun 2014 kerusakan mencapai 90 persen yang mengakibatkan banyak daerah di jawa tengah mengalami abrasi atau pengikisan bibir pantai.


“Banyak pihak yang sengaja menanam pohon bakau kemudian terus menunggu besar terus ditebang karena nilai jual untuk bahan bakar memang cukup tinggi”


Saat ini ada 95 ribu hektar kawasan hutan bakau di Jawa tengah dengan kondisi rusak.  sekitar 70 hektar hutan bakau mengalami kerusakan berat. Kerusakan terparah berada di daerah Pati, Jawa Tengah dengan kerusakan mencapai 17 ribu hektar. Sedangkan di Kabupaten Demak kerusakannya mencapai 8 ribu hektar.



Editor: Luviana


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 8

Mama 'AB': Mengikat Yang Tercerai

Gelar Konser Musik dan Seni Pertunjukan Offline. Apa Sudah Memungkinkan?