NUSANTARA

30 Persen Pasar Tradisional di Jakarta Mendesak Direnovasi

"PD Pasar Jaya mencatat 30 persen dari 153 pasar tradisional di Jakarta harus direvitalisasi."

Ninik Yuniati

30 Persen Pasar Tradisional di Jakarta Mendesak Direnovasi
Pasar tradisional, PD Pasar Jaya, Revitalisasi Pasar, Kebakaran Pasar

KBR68H, Jakarta - PD Pasar Jaya mencatat 30 persen dari 153 pasar tradisional di Jakarta harus direvitalisasi. Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengatakan, pemda DKI akan menyediakan anggaran sebesar 1 triliun rupiah, untuk proses revitalisasi pasar tersebut. Anggaran itu akan dimasukkan dalam APBD Perubahan, sekitar Oktober mendatang. Revitalisasi pasar nantinya akan mengadopsi konsep modern, dengan tetap mempertahankan ciri tradisionalnya.(Baca: Pasar Senen Direnovasi Tahun Ini)


"Masih ada sekitar 30 persen yang masih perlu perbaikan, yang kurang layak. Ini sudah dilaporkan ke Pak Gubernur. Pak Gubernur sudah setuju akan mengucurkan 1 triliun untuk membangun seluruh pasar sisa yang belum bagus," kata Djangga Lubis, (29/4).


Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis menambahkan, Pasar Senen dan Pasar Rumput yang baru saja terbakar, termasuk yang akan segera direvitalisasi. Menurutnya, kedua pasar tersebut sudah puluhan tahun tidak dibenahi.


Untuk Pasar Senen, PD Pasar Jaya menargetkan proses revitalisasi memakan waktu 1,5 sampai 2 tahun. Sementara Pasar Rumput akan dirombak menjadi rumah susun sewa sederhana (rusunawa) yang terintegrasi dengan pasar. Namun, tanggung jawab pembangunan berada di tangan Kementerian Perumahan Rakyat. Nantinya, setelah selesai, rusunawa tersebut akan dihibahkan kepada DKI.


Editor: Sutami



  • Pasar tradisional
  • PD Pasar Jaya
  • Revitalisasi Pasar
  • Kebakaran Pasar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!