Bagikan:

Waspadai Gas Beracun Gunung Dieng !

Warga yang berdekatan dengan kawah gunung Dieng Jawa Tengah diminta waspada terhadap kemungkinan keluarnya gas beracun pasca gempa semalam.

NUSANTARA

Sabtu, 20 Apr 2013 10:12 WIB

Author

Nanda Hidayat

Waspadai Gas Beracun Gunung Dieng !

gas beracun, gunung, dieng

KBR68H, Jakarta - Warga yang berdekatan dengan kawah gunung Dieng Jawa Tengah diminta waspada terhadap kemungkinan keluarnya gas beracun pasca gempa semalam. 


Kepala Pos Pengamatan gunung Api Dieng Tunut Pujiharjo mengatakan, gempa bisa menimbulkan keretakan tanah yang menyebabkan keluarnya gas beracun Hidrogen Sulfida (H2S) .Sementara gempa susulan masih bisa terjadi.

"Semalam tidak ada gas beracun yang keluar saat terjadinya gempa dan langsung ada pengecekan di lokasi-lokasi dititik rawan. Gas beracun bisa muncul biasa sebab utama itu retakan didalam tanaha akan melebar dan gas itu akan keluar," jelas Tunut saat dihubungi KBR68H.
 
Tadi malam, gempa berkekuatan hingga 5 skala richter mengguncang wilayah Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara, Jawa Tengah. Kepala Pos Induk Bencana Kawah Timbang Kecamatan Batur, Andri Sulistyo melarang berbagai aktivitas di Radius 1 kilometer dari Kawah Timbang dan Sileri. Selain itu beberapa rute desa sekitar Kawah Timbang dan Sileri juga ditutup untuk sementara waktu.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Cek Fakta: Benarkah China akan Ambil Alih Kalimantan?

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17