Tinggalkan Padi, Petani di Banyuwangi Beralih Tanam Buah-Buahan

Petani padi di Banyuwangi mulai beralih menanam palawija dan komiditi hortikultura lainnya. PIlihan itu diambil untuk mencari keuntungan lebih, ketimbang menjual padi.

NUSANTARA

Kamis, 25 Apr 2013 18:21 WIB

Author

Hermawan

Tinggalkan Padi, Petani di Banyuwangi Beralih Tanam Buah-Buahan

petani banyuwangi, buah-buahan

KBR68H, Banyuwangi – Petani padi di Banyuwangi mulai beralih menanam palawija dan komiditi hortikultura lainnya. PIlihan itu diambil untuk mencari keuntungan lebih, ketimbang menjual padi. Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia HKTI Banyuwangi, Muhammad Sapuwan mengatakan, petani di Banyuwangi Selatan  juga lebih memilih menanam jeruk, karena komoditas itu lebih menguntungkan ketimbang padi.

“Ya kalau padi itu bisa dihitung artinya secara ekonomi keuntunganya bisa dihitung satu kali musim kan artinya menanam panennya ini sudah bisa dihitung keuntunganya. Tapi kalau untuk palawija itu jangka waktunya panjang gitu, artinya ini harus diakumulasi dari nol sampai katakanlah 9 tahun. Cuma hari ini kalau untuk yang jeruk harga jualnya lebih bagus untuk hari ini dengan usia jeruk 3 tahun 4 tahun itu. Nah ini sebenarnya keuntunganya lebih tinggi,”kata Mohammad Sapuwan.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesi HKTI Banyuwangi Mohammad Sapuwan menambahkan, selain jeruk petani juga menanam buah dan palawija lain, seperti semangka dan kedelai. Selain tergiur dengan keuntungan yang tinggi, beralihnya pola tanam petani ini juga bertujuan untuk menyuburkan kembali lahan pertanian mereka. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Banyuwangi, jumlah area tanam sawah dalam setahun di Kabupaten Banyuwangi turun sekitar 5 ribu hektare menjadi 125 ribu hektare.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Jokowi Perintah Menkes Segera Tetapkan Kriteria Pembatasan Sosial Berskala Besar