NUSANTARA

Tanah Amblas, Ratusan Warga Majalengka Mengungsi

"Ribuan warga dusun Cigintung, desa Cimuncang, Majalengka, Jawa Barat mengungsi dari tempat tinggalnya."

Arie Nugraha

Tanah Amblas, Ratusan Warga Majalengka Mengungsi
majalengka, tanah ambles

KBR68H, Bandung - Ribuan warga dusun Cigintung, desa Cimuncang, Majalengka, Jawa Barat mengungsi dari tempat tinggalnya. Ini menyusul tanah amblas lebih dari enam meter dan longsor yang melanda pesawahan seluas 6 hektare. Bencana itu terjadiakibat curah hujan tinggi sejak 14 April lalu. Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Gerakan Tanah Pusat Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), I Gede Suantika mengatakan, Majalengka merupakan salah satu kawasan rawan tanah longsor.
 
"Itu satu RT itu menempati kebawahnya lempung semua, ya kayak Hambalang gitulah. Jadi pas menempati lempung kemudian musim hujan. Kemudian disana ada aliran sungai yang mengalir disana ke kampung itu. Semacam irigasi untuk buat kolam akhirnya itu cepet merembes ke bawah lempungnya itu. Nah kalau lempung sudah kena air, jadi lunak," ujarnya di Kantor PVMBG, jalan Dipenogoro, Bandung.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Gerakan Tanah Pusat Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), I Gede Suantika memprediksi, lonsor susulan bakal mengancam jalan raya utama kawasan tersebut. Apalagi, pergerakan tanah setiap harinya mencapai setengah meter saat ini. Oleh sebab itu, dia menghimbau, masyarakat tidak beraktivitas dan membangun tempat tinggal di dusun Cigintung, desa Cimuncang, Majalengka.

  • majalengka
  • tanah ambles

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!