Polisi Pemalak Turis Van Der Spek Hanya Dikenakan Sanksi Disiplin

Kepolisian Daerah Bali menahan dua anggotanya yang menilang turis asal Belanda sebesar Rp 200 ribu.

NUSANTARA

Selasa, 16 Apr 2013 20:26 WIB

Author

Ade Irmansyah

Polisi Pemalak Turis Van Der Spek Hanya Dikenakan Sanksi Disiplin

polisi, turis, bali, saksi disiplin

KBR68H, Jakarta - Kepolisian Daerah Bali menahan dua anggotanya yang menilang turis asal Belanda sebesar Rp 200 ribu.

Juru Bicara Kepolisian Indonesia, Agus Rianto mengatakan, kedua Polisi yang wajahnya muncul dalam video Youtube itu melanggar  Peraturan Disiplin Anggota Polri. Kata dia, pelaku pemerasan turis itu akan ditahan selama 21 hari. Sedangkan, rekannya hanya 14 hari.
 
"Dikenakan pasal 5 dan 7 PP nomer 2 tahun 2003 tentang perturan disiplin anggota Polri ya. Nah ini terhadap keduanya dikenakan sangsi disiplin pertama kepada Aipda Komang, itu dikenakan sangsi penundaan pendidikan selama satu tahun dan dilakukan penahanan ditempat khusus selama 21 hari. Sedangkan terhadap Bripka I Ketut Indra juga dikenakan penundaan pendidikan selama satu tahun dan juga dilakukan penahan selama 14 hari," kata Agus Rianto kepada KBR68H di Mabes Polri.

Sebelumnya, video pemerasan yang dilakukan petugas Kepolisian Bali beredar di Youtube. Pemerasaan itu dilakukan setelah menilang seorang turis Belanda yang tidak mengenakan helm. Petugas Polisi itu kemudian mengancam akan memperkarakan kasus tersebut ke Pengadilan, sebelum akhirnya menawarkan upaya damai dengan membayar uang sebesar Rp 200 ribu.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Omnibus Law untuk Siapa?

Kabar Baru Jam 13

Mengimajinasikan Ibu Kota Baru yang Cerdas dan Berkelanjutan (Bagian 2)