NUSANTARA

Pilgub NTB: Pemilih Tunanetra Mencoblos Dituntun Petugas

"Pilgub NTB: Pemilih Tunanetra Mencoblos Dituntun Petugas"

Pilgub NTB: Pemilih Tunanetra Mencoblos Dituntun Petugas
Pilkada NTB, Pemilihan gubernur, Tunanetra, surat suara khusus

KBR68H, Mataram - KPU Provinsi NTB tidak menyediakan surat suara khusus untuk warga kelompok disabilitas atau berkebutuhan khusus pada pemilihan kepala daerah NTB 13 Mei nanti.

Anggota KPU NTB Darmansyah mengatakan, surat suara untuk pilkada serentak nanti dicetak dengan format dan bentuk yang sama.

KPU hanya mewajibkan petugas panitia pemungutan suara KPPS untuk mengantar pemilih berkebutuhan khusus, terutama tunanetra, ke bilik suara.

”Jadi kita memiliki surat suara yang sama, artinya satu format surat suara untuk semua. Bagi pemilih yang berkebutuhan khusus misalanya yang tuna netra, itu tidak ada (surat suara khusus). Jadi sama semua," kata Darmansyah.

Anggota KPU NTB Darmansyah mengatakan, petugas akan menuntun pemilih tuna netra dan memberikan informasi soal nama calon dan nomor urut pasangan calon.
Petugas akan membantu pemilih tunanetra mencoblos pasangan calon yang diinginkan pemilih.

Empat pasangan calon akan bertarung dalam pemilihan yang digelar pada 13 Mei 2013. Berikut Empat pasangan itu:

1. Harun Al Rasyid, bekas Gubernur NTB berduet dengan Lalu Abdul Muhyi Abidin, anggota DPR-RI. Pasangan ini didukung Partai Hanura dan 17 partai nonparlemen.

2. Zulkifli Muhadli (Bupati Sumbawa Barat) berpasangan dengan Muhamad Ichsan (dosen Universitas Mataram). Pasangan ini didukung Partai Bulan Bintang, Partai Kebangkitan Nasional Ulama, Partai Karya Peduli Bangsa, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia.

3. Muhammad Zainul Majdi (gubernur NTB saat ini) menggandeng Muhammad Amin (anggota DPRD NTB). Calon ini dijagokan Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Amanat Nasional, Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa.

4. Suryadi Jaya Purnama (Wakil Ketua DPRD NTB/Ketua PKS NTB) bergandengan dengan Johan Rosihan (PKS NTB/anggota DPRD NTB). Duet kandidat ini didukung oleh PKS, Partai Bintang Reformasi, dan Partai Peduli Rakyat Nasional.

  • Pilkada NTB
  • Pemilihan gubernur
  • Tunanetra
  • surat suara khusus

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!