NUSANTARA

Petani Tanam Hortikultura, Pemkab Banyuwangi Tetap Yakin Produksi Padi Aman

"Pemerintah Daerah Banyuwangi, Jawa Timur mengaku tidak khawatir dengan pola menanam petani di Jawa Timur yang ramai-ramai beralih ke pertanian buah."

Petani Tanam Hortikultura, Pemkab Banyuwangi Tetap Yakin Produksi Padi Aman
petani, sawah, banyuwangi, jawa timur, hortikultura

KBR68H, Jakarta - Pemerintah Daerah Banyuwangi, Jawa Timur mengaku tidak khawatir dengan pola menanam petani di Jawa Timur yang ramai-ramai beralih ke pertanian buah.

Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi Ikrori Hudanto mengatakan, produksi padi di daerahnya masih dinamis dan tidak mempengaruhi swasembada beras. Kata dia, tidak semua petani beralih ke holtikultura.

"Kalau di Banyuwangi kan swasembada beras lebih. Kita memproduksi tahun 2012 ini 752 ribu ton. Artinya untuk Banyuwangi sendiri sudah banyak lebih dan kita pemasok dari Jawa Timur. Tidak ada permasalahan dengan beras, justru beras kita kita kirim ke Bali, Madura dan kabupaten lain," ujar Ikrori dalam acara Sarapan Pagi KBR68H.

Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, Jawa Timur Ikrori Hudanto menambahkan, hanya petani yang memiliki modal saja yang beralih ke pertanian holtikultura. Pasalnya bertani holtikultura membutuhkan modal lebih besar, sekitar Rp 10 hingga 20 juta.

  • petani
  • sawah
  • banyuwangi
  • jawa timur
  • hortikultura

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!