Pengamat : Gizi Buruk. Pemda Papua Harus Mandiri

Gubernur dan Wakil Gubernur Papua diminta untuk mandiri dalam menyikapi persoalan gizi buruk yang tengah melanda sejumlah wilayah di sana.

NUSANTARA

Kamis, 11 Apr 2013 22:38 WIB

Author

Ronny Rahmata

Pengamat : Gizi Buruk. Pemda Papua Harus Mandiri

gizi, mandiri, papua

KBR68H, Jakarta - Gubernur dan Wakil Gubernur Papua diminta untuk mandiri dalam menyikapi persoalan gizi buruk yang tengah melanda sejumlah wilayah di sana.

Pengamat Papua dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Adriana Elisabeth mengatakan, kasus kesehatan itu merupakan tantangan pertama bagi kepala daerah.

Kata dia, Pemda harus bisa memanfaatkan dengan baik semua kekhususan Papua untuk bisa lepas dari campur tangan pemerintah pusat.

"Sebetulnya dengan otoritas melalui UU Otonomi Khusus semua kewenangan sudah berada di Pemerintahan Papua. Menurut saya, jika ada persoalan di lapangan ada gizi buruk dan sebagainya, itu fakta yang ada di daerah itu. Apakah itu terpencil dan sebagai, itu salah satu persoalan yang harus diselesaikan," ujar Adriana saat dihubungi KBR68H.

Sebelumnya, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) mencatat jumlah korban meninggal akibat kurang gizi dan gangguan kesehatan di distrik Kwor, Papua Barat mencapai 135 jiwa. Sementara, seorang pemuka masyarakat di Yahukimo menyatakan, gizi buruk menewaskan 61 warga di sana. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Travel Advisory Amerika Jadi Refleksi?

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11