Pemkot Bekasi Targetkan Bangun 120 Bank Sampah

Pemerintah Kota Bekasi Jawa Barat menargetkan pembangunan 120 Bank Sampah tahun ini.

NUSANTARA

Senin, 29 Apr 2013 19:32 WIB

Author

Hamluddin

Pemkot Bekasi Targetkan Bangun 120 Bank Sampah

Pemkot Bekasi, Bank Sampah

KBR68H, Bekasi - Pemerintah Kota Bekasi Jawa Barat menargetkan pembangunan 120 Bank Sampah tahun ini.

Kepala Bidang Pendataan dan Pengembangan Dinas Kebersihan Kota Bekasi Ratim Rukmawan mengatakan, Bank Sampah akan dibangun hingga tingkat RT/RW. Tujuannya untuk mengurangi volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu hingga 70 persen dari produksi sampah yang mencapai 6 ribuan meter kubik per hari.

"Bank sampah itu kan layaknya bank konvensional. Cuman ini berbeda, kalau bank konvensional yang umum itu kan mengatur sirkulasi uang, kalau ini mengatur sirkulasi sampah tapi nanti bsa dikonversi ke uang. Contohnya kan sampah ada nilainya, kardus satu kilo nilainya Rp 2.500. Warga itu setoran dalam bentuk sampah, ditampung oleh bank. Ketika sudah banyak mereka jual kepada pemilik lapak atau kepada agen, dan hasilnya itu masuk ke dalam pembukuan bank. Bank yang menampung sampah itu" kata Ratim, Senin 29 April 2013.

Rukmawan menambahkan, Bank Sampah akan dikelola oleh masyarakat di tempat Bank Sampah dibangun. Pengadaan lahan dimintakan dari masyarakat, sementara Pemkot akan memberikan mesin pencacah, mesin pembuat kompos, bak traktor dan gerobak sampah secara cuma-cuma. Hasil dari bank sampah itu menjadi milik pengelola sampah.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8