NUSANTARA

Mendagri Resmi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Papua

Mendagri Resmi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Papua

KBR68H, Jayapura- Mendagri Gamawan Fauzi hari ini melantik Lukas Enembe-Klemen Tinal (Lukmen) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua periode 2013-2018. Pelantikan berlangsung di Lapangan Bola Mandala, Jayapura.

Mendagri dalam sambutannya mengatakan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua telah tertunda dua tahun. Pelantikan di lapangan terbuka hari ini merupakan puncak dari pesta demokrasi rakyat Papua dalam memilih pemimpinnya.

Mendagri berharap dalam kepemimpinan Lukmen ada kerjasama yang sinergis antara Majelis Rakyat Papua (MRP), DPR Papua, pemerintah kabupaten/kota dan juga seluruh komponen masyarakat Papua.
 
“Jadi ini benar-benar pesta demokrasi dan pesta rakyat, puncak dari pesta rakyat dalam memilih pemimpinnya di Papua ini. Karena itu saya ucapkan selamat kepada Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur yang baru saja dilantik dan selamat pula bagi masyarakat Papua karena sudah dua tahun menunggu gubernur, sehingga pelantikan hari ini seyogyanya gubernur itu dipilih dan dilantik dari tahun 2010 yang lalu, tapi baru hari ini dilantik bisa. Jadi tertunda harmpir dua tahun lamanya,” kata Gamawan Fauzi.      

Mendagri, Gamawan Fauzi dalam pidato singkatnya juga mengklaim sejak tahun 2002-2012 telah ada sekitar Rp 38 triliun uang Otsus untuk Papua. Dana itu akan terus bergulir untuk peningkatan taraf hidup masyarakat di Papua, agar sejajar dengan masyarakat lain di wilayah Indonesia. Pemerintah pusat yakin sewaktu saat nanti, masyarakat Papua dapat sejahtera dari masyarakat lain di Indonesia. Dalam kepemimpinannya, Lukmen juga diharapkan dapat lebih melayani masyarakat daripada dilayani.

  • pelantikan
  • gubernur papua

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!