Masyarakat Jabar Tak Miliki Jaminan Hutan Adat

Keberadaan hutan adat di Jawa Barat (Jabar) tidak mendapat jaminan hukum yang pasti dari negara untuk dikelola masyarakat adat.

NUSANTARA

Kamis, 11 Apr 2013 15:00 WIB

Author

Green Radio

Masyarakat Jabar Tak Miliki Jaminan Hutan Adat

hutan adat, jabar

KBR68H, Jakarta- Keberadaan hutan adat di Jawa Barat (Jabar) tidak mendapat jaminan hukum yang pasti dari negara untuk dikelola masyarakat adat. Menurut Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jabar Dadan Ramdan, penyebabnya karena hutan adat di Jawa Barat tidak pernah diwujudkan dalam kebijakan sendiri tentang hutan adat.

“Jadinya masyarakat adat juga tidak memiliki jaminan hukum atas hutan adatnya. Ini, seperti kasus di beberapa Taman Nasional di Jawa Barat. Tetapi, pemerintah selalu mengklaim tidak ada masyarakat adat di Jawa Barat. Padahal, kesepuhan dari beberapa komunitas adat Cigugur kemudian Dukuh itu ada. Tetapi jaminan hukum adatnya dilegitimasi oleh aturan atau surat keputusan misalnya itu belum ada,”ujarnya.

Ia berharap, kedepannya muncul jaringan bersama sehingga mendorong bisa memiliki hak kelola. Hak kelola itulah yang memberikan rasa aman pada masyarakat tapi juga memperhatikan aspek keberlanjutan.

“Kalau kita telusuri bagaimana sebenarnya filosofi-filosofi masyarakat dulu itu lebih mengelolah hutan dibanding dengan hari ini yang di kelola oleh negara. Dimana negara memiliki izin, perizinan pariwisata, izin Vila, izin tambang itu justru akan menambah rusak,”tambah Dadan.

Sumber: Green Radio

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Sejumlah Kendala Vaksinasi Lansia