Mama Aleta, Perempuan asal NTT Penyelamat Lingkungan

Mama Aleta, Perempuan asal NTT Penyelamat Lingkungan

NUSANTARA

Selasa, 16 Apr 2013 11:24 WIB

Author

Suryawijayanti

Mama Aleta, Perempuan asal NTT Penyelamat Lingkungan

mama aleta, lingkungan

KBR68H- Perempuan asal Provinsi Nusa Tenggara Timur Aleta Baun atau yang lebih dikenal dengan "Mama Aleta" meraih penghargaan lingkungan hidup "Goldman Environmental Prize 2013". 

Aleta diganjar penghargaan atas upaya penyelamatan lingkungan, sosial, dan budaya masyarakat Mollo. Aleta menggerakkan massa yang dia lakukan sejak 1996 melawan dua perusahaan tambang yang menduduki bukit sakral untuk orang Mollo.

Perjuangan Aleta dan masyarakat Mollo selama 11 tahun  membuahkan hasil pada 2007 dengan dihentikannya operasional tambang di daerah tersebut.

Warga Binaan Aleta Baun, Nifron menyatakan hingga kini perjuangan menyelamatkan lingkungan itu masih berlanjut. warga sekitar diarahkan  untuk memanam pohon di sekitar lokasi tambang,karena sudah terjadi longsor.

“Kalau sekarang pada musim kemarau terancam kering, upaya kami dengan Mama Aleta sementara membuat konservasi di sekitar itu supaya air itu bagaimana mengalir bisa dipakai oleh warga,”ujar Nifron di program Sarapan Pagi KBR68H.

Aleta berjuang bersama masyarakat Mollo selama 11 tahun untuk menghentikan operasional tambang di daerah tersebut. Dengan mengorganisasi ratusan warga desa setempat dengan menduduki tempat-tempat penambangan marmer , Aleta Baun menghentikan perusakan tanah hutan yang sakral di Gunung Mutis, Pulau Timor.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal